Bangun Ekonomi Malang Raya, Ini yang Dilakukan KPwBI Malang

  • Whatsapp
ekonomi malang
Kegiatan pemulihan ekonomi Malang Raya yang digelar KPwBI Malang, Jumat (9/4/2021).(istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Tahun ini, pemerintah pusat sedang fokus untuk membangun ekonomi. Menindaklanjuti hal ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Malang berupaya membangun perekonomian di wilayah Malang Raya.

Kepala KPwBI Malang, Azka Subkhan mengungkapkan, tahun ini, perekonomian Indonesia diperkirakan tumbuh sekitar 4,3 sampai 5,3 persen. Sementara, di Jawa Timur, diperkirakan lebih rendah, yakni sebesar 3,8 hingga 4,2 persen.

Baca Juga

BACA JUGA: Pemulihan Ekonomi, Wali Kota Malang Optimis Perekonomian Kota Malang Tumbuh Positif

“Sementara, di Malang Raya, ada optimisme yang dibangun. Kami yakin, tahun ini akan tumbuh positif,” terang dia dalam kegiatan Webinar Sinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi Malang Raya 2021 di Hotel Ijen Suites, Jumat (9/4/2021).

Dia memprediksi, di sekitaran Kota Malang, bakal tumbuh di angka 3,7 hingga 4,7 persen. Sementara, di Kabupaten Malang dan Kota Batu, sekitar 4,1 sampai 5,1 persen.

“Ini optimisme yang kurang lebih sedikit, di bawah normal pada tahun-tahun biasanya,” kata dia.

Azka memprediksi, pertumbuhan ekonomi Malang Raya bakal lebih tinggi daripada nasional. Sebab, di wilayah Malang Raya terdapat berbagai sektor industri, pengolahan, perdagangan besar, pertanian, konstruksi dan sektor perumahan konsumsi rumah tangga.

“Di sisi lain, dalam menyikapi perkembangan inflasi, di tahun 2021 ini, Insya Allah dalam rentang tiga persen plus minus satu, yang merupakan target inflasi nasional,” kata dia.

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, KPwBI Malang terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah. Salah satunya, menjaga kestabilan inflasi serta mendukung stabilitas sistem keuangan.

“Fokus koordinasi diarahkan pada mengatasi permasalahn di sisi permintaan dan penawaran. Khususnya,dalam kredit dan pembiayaan dari perbankan kepada dunia usaha dan sektor-sektor prioritas,” imbuh dia.

Serta, KPwBI Malang mendorong sektor industri pengolahan, yang memiliki kontribusi tinggi di tiga wilayah Malang Raya, pengembangan sektor-sektor untuk mendukung pariwisata, dan pengembangan sektor UMKM yang terpuruk pada masa pandemi di tahun 2020.

BACA JUGA: Kota Malang Inflasi, KPwBI Malang Nilai Adanya Optimisme Pertumbuhan Ekonomi

“Serta, adanya pengembangan ekonomi kreatif melalui berbagai subsektornya. Kemudian, pengembangan transaksi non tunai dan keuangan digital melalui elektronifikasi, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah,” papar dia.

Serta, lanjut Azka peningkatan kerjasama, kolaborasi dan hetahelix, yakni sinergitas pentahelix yang ditambah dengan lembaga keuangan.

“Kami berharap, sinergi dan kolaborasi Malang Raya mendorong optimisme pemulihan ekonomi di daerah,” pungkas dia.(nda/lna)