Awasi Gunung Bromo, BPBD Pasangi CCTV

  • Whatsapp
Kalaksa BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi, saat menunjukkan monitor yang terhubung dengan kamera CCTV di Gunung Bromo (foto: istimewa).
banner 468x60

NUSADAILY.COM-PROBOLINGGO – Gunung Bromo yang masih aktif menjadi perhatian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo. Guna mencegah erupsi dan hidrometrologi, CCTV pun dipasang di kaldera laut pasir Gunung Bromo.

Pemasangan CCTV tersebut, disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi. CCTV dipasang ,  setelah berkoordinasi dengan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) dan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

“Jadi nanti ketika ada perkembangan kebencanaan di kawasan itu, kami juga punya data atau informasi. Tidak menggantungkan pada satu pihak saja, yakni PVMBG atau TNBTS,” ucap Anggit Hermanuadi saat menggelar silaturahmi bersama Jurnalis Peduli Bencana (Jurlina) Jumat, 29 Januari 2021.

Kabupaten Probolinggo sendiri, masuk sebagai wilayah cakupan TNBTS. Tepatnya, ada dua kecamatan yang berbatasan langsung dengan areal taman nasional ini, yakni  Kecamatan Sumber dan Kecamatan Sukapura.

Sementara, jika Gunung Bromo erupsi atau mengeluarkan material vulkanik, daerah ini akan terdampak mulai dari terkena hujan abu ataupun paparan belerang, seperti yang terjadi pada erupsi sebelumnya.

“Sebenarnya pemasangan CCTV di Gunung Bromo sudah kami rencanakan sejak 2015 silam. Namun, terealisasi tahun ini dan semoga dengan adanya CCTV bisa bermanfaat kedepannya,”tambahnya.

Selain itu, persoalan anggaran dari APBD Kabupaten Probolinggo yang tak segera cair menjadi kendala sebelumnya . Bahkan, saat pandemi COVID-19, jatah untuk CCTV ini hampir terkena refocussing.

Nantinya, CCTV ini akan beroperasi selama 24 jam. Dengan sambungan internet ke ruang kontrol di Kantor BPBD Kabupaten Probolinggo.

CCTV tersebut tuanya bukan CCTV biasa. Sebab, Memiliki kemampuan zoom in sampai 35 kali; anti fooging atau anti kabut; bisa berputar 360 derajat dan 90 tilt up and down. (ras/aka)