Arpus Magetan Bakal Bangun Gedung Literasi di Kebun Bunga Refugia

  • Whatsapp
literasi magetan
Kantor Arpus Magetan. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) setempat akan membangun gedung pusat literasi di seputar taman bungga refugia, Kelurahan Kecamatan Plaosan tahun 2021 ini. Pembangunan tersebut diplot senilai Rp10 M dari bantuan Arpus Nasional.

Rencana pembangunan gedung pusat literasi di seputar kebun Bunga Refugia tersebut dibenarkan oleh Plt Kepala Dinas Arpus Magetan Gatot Sapto Priyono.

Baca Juga

BACA JUGA: Lagi, Pagar Kebun Bunga Refugia Magetan Roboh Dihantam Angin Kencang

”Kita akan bangun gedung dua lantai di sebelah kiri taman kebun bunga refugia Plaosan. Dengan luas satu hektare, nantinya sebagai pusat literasi smart farm sekaligus ekowisata terpadu, yang memadukan wista dan alam,” kata Gatot kepada nusadaily.com, Rabu (03/03/2021).

Nantinya gedung akan didesain model Mataraman Jawa dua lantai. Zona utama sebagai pusat literasi, zona dua untuk ruang anak dan zona tiga untuk sarparas pendukung, asrama dan rumah inap.

”Bupati Magetan Suprawoto ingin mencontoh pusat literasi seperti di Amerika, yang memadukan gedung dengan alam agar dapat menginfirasi para penulis nantinya,” ungkapnya.

Pengalaman Bupati, bila di Amerika yang diundang di gedung literasi para penulis dunia, untuk menulis kemudian karyanya untuk ditinggal. Pusat literasi di Magetan nantinya memakai konsep yang sama, dengan mengundang penulis lokal.

Lebih lanjut, gedung pusat literasi nantinya menyesuaikan zaman akan lebih banyak diisi perpustakaan digital namun buku buku manual juga akan tetap disertakan.

”Saat ini pekerjaan gedung pusat literasi ini sudah masuk lelang di LPSE, menunggu seleksi pemenang tender pekerjaan,” ungkapnya.

BACA JUGA: HPSN, Pelajar di Magetan Donasikan Ratusan Liter Minyak Jelantah

Rp 10 miliar berasal dari bantuan DAK Perpusnas tersebut nantinya akan difokuskan untuk pembangunan zona satu dan dua, untuk zona tiga yaitu sarana dan prasarana akan dianggarkan kembali pada APBD selanjutnya.

“Pak Bupati Suprawoto berharap gedung pusat literasi tersebut nantinya dapat menjadi inspirasi para penulis daerah maupun nasional, sekaligus dapat menjadi pusat literasi masyarakat di Magetan,” pungkas Gatot Sapto Priyono. (nto/lna)