Anggota DPRD Kabupaten Wonosobo Tiru Cara Kabupaten Malang Naikkan PAD

  • Whatsapp
banner 468x60

HUSADA.COM – MALANG – Adanya kesamaan antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Malang dari segi kondisi alam menjadikan Kabupaten Wonosobo ingin meningkatkan PAD dengan meniru usaha apa yang dilakukan Pemkab Malang.

Baca Juga

Untuk itu anggota DPRD Kabupaten Wonosobo Selasa (15/12) mengadakan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Malang. Mereka disambut oleh Sutrisno Murdi anggota DPRD Fraksi Hanura di Gedung DPRD Kabupaten Kepanjen Malang.

Ia menjelaskan, mereka ke Kabupaten Malang ini guna melihat bagaimana cara kita (Pemkab dan DPRD) dalam mengusahakan peningkatan PAD.

“Pastinya berbeda, dari luas wilayah, potensi wisata dan SDM yang dimiliki. Namun kita tetap harus saling dukung demi kemajuan daerah masing masing,” papar Sutrisno.

Sebab PAD Kabupaten Wonosobo hanya Rp 200 juta. Sedangkan APBD nya mencapai Rp 2 trilliun.

“Nah, dengan fakta PAD Kabupaten Wonosobo yang sejumlah itu, mereka berinisiatif untuk study banding. Dan apa yang bisa ditiru dari Kabupaten Malang kemudian bisa dikembangkan di daerahnya untuk meningkatkan PAD yang Rp 200 juta tadi,” lanjut dia.

Terlepas dari itu, dalam kultur alam yang sama anggota DPRD Kabupaten Wonosobo menginginkan penanaman bibit apel. Seperti apel batu yang berasal dari Kecamatan Poncokusumo.

“Sebenarnya mereka mau lakukan kunjungan ke Kecamatan Poncokusumo hari ini tapi belum sempat. Sementara yang dapat mereka amati dan akan di eksekusi selanjutnya ya apel itu,” tutupnya.

Sementara itu, yang dapat ditiru Kabupaten Malang dari Kabupaten Wonosono yakni ada beberapa tanaman dari sana yang akan ditanam kelak di Kecamatan Pujon, Kasembon dan Ngantang.(aje/aka)