Akhir November 2020, Ada Desa di Blitar Belum Cairkan ADD

  • Whatsapp
PMD
Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blitar, Dwi Novyanto
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BLITAR – Akhir November 2020, masih ada desa di Kabupaten Blitar belum mencairkan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap ketiga. Padahal akhir November atau akhir tahun 2020 tinggal menghitung hari atau sekitar satau bulan lagi.

Kepada Nusadaily.com, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blitar, Dwi Novyanto mengatakan, hingga saat ini sebagian besar desa sudah mencairkan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap ketiga 20 persen. Dari 220 desa, hanya sekitar 30 persen yang belum mencairkan.

“Saya tidak hafal desanya mana saja. Tapi desa yang belum mencairkan hanya sedikit, mungkin sekitar 30 persen saja,” kata Dwi, Rabu 25 November 2020.

Dwi meminta, pemerintah desa yang belum mencairkan ADD tahap ketiga, segera melakukannya sebelum 9 Desember 2020, mengingat tahun ini juga akan berakhir. Diharapkan penyerapan alokasi dana desa juga dipacu agar bisa segera diselesaikan.

“Kalau persyataran pencairan ADD tahap ketiga, diantaranya laporan penggunaan tahap pertama dan kedua. ADD yang rata-rata digunakan untuk penghasilan tetap (siltap), diyakini desa tidak mengalami kesulitan dalam membuat laporan,” pungkasnya.

Dwi menambahkan, saat ini ADD tahun 2021 sudah mulai dibahas untuk dimasukkan dalam APBD 2021. Sehingga desa harus secepatnya menggunakan ADD tahap ketiga ini, agar laporannya nanti bisa tepat waktu.

Sekedar diketahui, besaran pagu ADD tahun 2020 sekitar Rp 128,9 miliar. Angka itu meningkat dibanding tahun sebelumnya Rp 191,4 miliar. (tan/wan)

Post Terkait

banner 468x60