307 Bakal Calon Kepala Desa di Sumenep Mayoritas Lulusan SMA

  • Whatsapp
desa sumenep
Kepala bidang pemberdayaan masyarakat dan desa DPMD Sumenep, Supardi. (ist)

NUSADAILY.COM – SUMENEP – Sebanyak 307 Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur yang tersebar di 86 Desa. Ratusan calon pemimpin tingkat desa tersebut merupakan mayoritas lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Rincian, dari 307 orang pendaftar sebagai Bacakades tersebut, terdiri dari 259 orang laki-laki, dan 48 orang perempuan, dengan tingkat pendidikan yang bervariasi, yakni, SMP 19 orang, SMA 142 orang, Diploma 7 orang, S1 129 orang, dan S2 9 orang.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Wabup Sumenep Minta Ada Unsur Perempuan di Kepanitiaan Pilkades 2021

Kepala bidang pemberdayaan masyarakat dan desa (Pemdes) DPMD Sumenep Supardi menyebutkan, untuk sementara pendaftar terbanyak berasal dari Desa Poteran, Kecamatan Talango, yakni 10 pendaftar yang terjaring.

“Ini masih tahapan penjaringan, belum tahap penyaringan,” ujarnya, Selasa 18 Mei 2021.

Pada tahap selanjutnya, kata Supardi, yakni tahap penyaringan yaitu panitia akan menyeleksi dari beberapa persyaratan khususnya administrasi.

BACA JUGA: Sering Dikeluhkan, Bupati Fauzi Berikan Atensi Pelayanan RSUD Sumenep

Jika panitia sudah tidak ada keraguan lagi, lanjutnya, maka ditetapkan sebagai calon yang lolos administrasi. “Apabila Bakal Calon lebih dari 5 orang yang memenuhi persyaratan, maka akan dilakukan tes tambahan, yakni menyandingkan antara, tingkat pendidikan, pengalaman, Usia, dan tes wawancara,” imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya berharap panitia Pilkades harus mematuhi Perbup Nomor 15 Tahun 2021 tentang pilkades perubahan dari Perbup No 54 tahun 2019. Menurutnya, Sesuai dengan keputusan Bupati Sumenep Nomor 188/135/KEP./135.013/221 tentang jadwal hari H pelaksanaan pemungutan suara Pilkades serentak Kabupaten Sumenep akan digelar pada tanggal 8 Juli 2021 mendatang.

“Masyarakat harus pandai memilih, mudah-mudah Pilkades serentak tahun ini terlaksana sesuai harapan,” tandasnya. (nam/lna)