Ratusan Warga Afrika Tewas Usai Dilanda Perubahan Iklim Hingga Banjir Besar

Perubahan iklim mengakibatkan dampak besar di Afrika. Ratusan warga tewas baru baru ini, setelah dilanda banjir besar di benua tersebut.

Ratusan Warga Afrika Tewas Usai Dilanda Perubahan Iklim Hingga Banjir Besar
Nigeria sedang berjuang dengan banjir terburuknya dalam satu dekade. © dpa

NUSADAILY.COM – NAIROBI – Perubahan iklim mengakibatkan dampak besar di Afrika. Ratusan warga tewas baru baru ini, setelah dilanda banjir besar di benua tersebut.

Melansir dari Merkur.de, Jumlah korban tewas dan luka akibat banjir di Afrika terus meningkat drastis. Pada Minggu malam, Menteri Urusan Kemanusiaan Nigeria mengkonfirmasi jumlah orang yang tewas akibat banjir dalam beberapa pekan terakhir telah meningkat menjadi lebih dari 600 orang. Sekitar 2.400 orang juga terluka, dan 1,3 juta orang harus meninggalkan rumah mereka.

Ketahanan pangan di Nigeria telah lama berada dalam bahaya serius. 450.000 hektar lahan subur tergenangi banjir. Oleh karena itu, pemerintah membuka cadangan pangan strategis negara itu pekan lalu.

Baca Juga : Miris! Pasangan Remaja di Jerman Tega Bunuh Kedua Orang...

Namun Nigeria bukan satu-satunya negara di Afrika yang terkena dampak banjir yang meluas. Menurut informasi dari Floodlist, sebuah layanan informasi yang dibiayai bersama oleh Uni Eropa, beberapa distrik di ibu kota N'Djamena terendam banjir di Chad. Lebih dari satu juta orang di seluruh negeri telah terpengaruh, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengumumkan pada pertengahan Oktober.

Baca Juga : Arab Saudi Umumkan Perempuan Diizinkan Haji dan Umrah Tanpa Mahram

Situasinya sangat mirip di negara-negara tetangga Sudan dan Sudan Selatan. Puluhan ribu orang harus meninggalkan rumah mereka. Di Sudan Selatan, negara bagian Unity State hampir seluruhnya terendam banjir. Penduduk dievakuasi dengan perahu, karena pasokan bantuan dari udara tidak mungkin lagi. Di Ghana juga, hujan lebat menyebabkan banjir di wilayah sekitar ibukota Accra pada awal Oktober. (jrm2/ros)