Raih Penghargaan Meritrokrasi dari KASN, Bukti Manajemen ASN Pemkot Pasuruan Baik

Raih Penghargaan Meritrokrasi dari KASN, Bukti Manajemen ASN Pemkot Pasuruan Baik

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Pemerintah Kota Pasuruan (Pemkot) kembali mendapatan penghargaan, kali ini Pemkot Pasuruan mendapatkan penghargaan Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Penghargaan ini diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S.TP., M.Si dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Abdullah Azwar Anas di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (09/12).

Ditemui seusai acara, Wakil Wali Kota Pasuruan Mas Adi mengungkapkan bahwa ada 174 instansi pemerintah di seluruh Indonesia yang mendapatkan penghargaan. Dengan rincian 144 instansi pemerintah mendapatkan kategori “BAIK” dan 30 instansi pemerintah mendapatkan kategori “Sangat Baik”.

“Alhamdulillah Pemerintah Kota Pasuruan mendapatkan kategori “baik”. Dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, hanya 24 kabupaten/kota yang diundang. Dan semoga dengan adanya capaian anugerah Meritokrasi dengan kategori baik ini  kedepannya dapat menjadi “Sangat Baik”, “ ujarnya.

Mas Adi menjelaskan sistem Merit ini merupakan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi. Ada beberapa indikator dalam sistem penilain Merit ini termasuk dengan penataan SDM.

Dalam penilaian sistem Merit ini menggunakan sistem skor dan bobot, yang mana terdapat delapan aspek penilaian, yakni perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karir, promosi, mutasi, manajemen kinerja, kemudian penggajian, penghargaan, perlindungan dan pelayanan serta sitem informasi.

“Capaian ini tentunya harus berkorelasi dengan kinerja Pemerintah Kota Pasuruan karena penataannya sudah berdasarkan sistem Merit,” jelasnya. (oni)