Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Gowa Sulawesi Selatan

Bencana melanda di mana-mana, termasuk di Sulawesi Selatan. Hujan disertai dengan angin kencang melanda beberapa daerah di Sulawesi Selatan,

Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Gowa Sulawesi Selatan
Ilustrasi pohon tumbang

NUSADAILY.COM – MAKASSAR – Bencana melanda di mana-mana, termasuk di Sulawesi Selatan. Hujan disertai dengan angin kencang melanda beberapa daerah di Sulawesi Selatan, salah satunya Kabupaten Gowa menyebabkan  puluhan rumah rusak akibat angin puting beliung.

 

Kepala Desa Pallangga, Amrah, mengatakan hingga saat ini pihaknya masih terus mendata rumah warga yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung. Namun untuk data sementara ada 23 rumah yang terkena dampak dari angin puting beliung tersebut.

 

"Rata-rata rusak pada atap rumah," kata Amrah di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, 4 Januari 2022 dilasnir dari medcom.

 

Ia juga mengatakan puluhan rumah yang terkena dampak angin puting beliung tersebut terjadi pada dua hari. Pada 3 Januari 2023 kemarin sebanyak 13 rumah dan 1 masjid di Dusun Pallangga, Dusun Bontorea dan Dusun Palangiseng mengalami kerusakan.

 

"Hari ini 9 unit rumah masing-masing 5 di Dusun Tompogammang dan 4 rumah di Dusun Kampung Parang," jelasnya.

 

Saat ini katanya, warga yang terkena dampak angin puting beliung mengungsi ke rumah tetangga ataupun keluarga. Semoga kejadian yang melanda tidak terulang kembali. Sehingga, warga bisa merasa tenang dan kembali ke rumah masing-masing.

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gowa, Ikhsan Parawansa, mengimbau kepada masyarakat agat selalu waspada saat tengah beraktivitas di luar rumah. Apalagi saat ini cuaca cukup ekstrem yang bisa menyebabkan banjir, longsor maupun angin kencang.

 

"Potensi pohon tumbang juga sangat rawan sehingga diimbau agar masyarakat selalu waspada saat berada di jalan raya dan diminta tidak berteduh di bawah pohon," ungkapnya.(*)