Puluhan Orang Belum Ditemukan, Jokowi Minta Evakuasi Gempa Cianjur Diprioritaskan

Presiden Joko Widodo memerintahkan anak buahnya untuk memprioritaskan evakuasi setelah 39 orang hilang pasca gempa Cianjur, Jawa Barat.

Puluhan Orang Belum Ditemukan, Jokowi Minta Evakuasi Gempa Cianjur Diprioritaskan
Presiden Joko Widodo meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi, di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Presiden Joko Widodo memerintahkan anak buahnya untuk memprioritaskan evakuasi setelah 39 orang hilang pasca gempa Cianjur, Jawa Barat.

Jokowi mengatakan tim pencarian akan berfokus melakukan evakuasi di Desa Cijedil. Ia meninjau lokasi itu untuk memastikan evakuasi berjalan baik.

"Proses evakuasi menjadi proritas, kita konsentrasi dan siang ini kita akan konsentrasi di titik ini untuk evakuasi," kata Jokowi di Cianjur, Kamis (24/11).

BACA JUGA : Khofifah Kirim 200 Personel dari Jatim untuk Bantu Korban...

Jokowi mengakui ada sejumlah kendala dalam proses evakuasi. Hal itu membuat tim belum bisa menemukan 39 orang yang hilang.

Dia menyebut kondisi tanah curam, hujan, gempa susulan, dan tanah yang labil menjadi hambatan dalam proses evakuasi. Meski demikian, ia memastikan pencarian tetap dilakukan.

"Menteri PUPR sudah memerintahkan kepada jajarannya yang sudah terbiasa melakukan cut and fill sehingga bisa semuanya dikerjakan," ujar Jokowi.

Sebanyak 956 rumah rusak dan 271 orang meninggal dunia akibat gempa Cianjur. Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Sukabumi pada Senin (21/11).

BACA JUGA : 956 Rumah Warga di Sukabumi Rusak Akibat Gempa Cianjur

Selain itu, saat berkunjung ke Cianjur, Joko Widodo juga menemukan warga korban gempa Cianjur mengalami kekurangan tenda dan persediaan air.

"Termasuk kekurangan tenda. Tadi ada juga keluhan air juga karena ini titiknya banyak sehingga butuh waktu untuk distribusi," kata Jokowi.

Jokowi memerintahkan anak buahnya untuk mendistribusikan bantuan ke sejumlah lokasi gempa Cianjur. Ia ingin korban gempa segera mendapat bantuan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban meninggal dunia imbas gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, bertambah menjadi 271 orang hingga Rabu (23/11).(lal)