Program RTLH Pemkab Sumenep Masuk Tahap Verifikasi Data

Program bantuan sosial Rumah Tak Layak Huni (RTLH) Pemkab Sumenep tahun 2024 sudah masuk dalam tahap verifikasi data.

Jun 23, 2024 - 07:30
Program RTLH Pemkab Sumenep Masuk Tahap Verifikasi Data
Kantor Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (Dispekimhub) Sumenep.

NUSADAILY.COM - SUMENEP - Program bantuan sosial Rumah Tak Layak Huni (RTLH) Pemkab Sumenep tahun 2024 sudah masuk dalam tahap verifikasi data.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (Dispekimhub) Sumenep, Yayak Nurwahyudi, melalui Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Noer Lisal Anbiyah. Sabtu 22 Juni 2024.

Noer Lisal Anbiyah menyampaikan bahwa bantuan sosila RTLH tahun ini sebesar Rp2,5 Miliar untuk 128 penerima yang tersebar di berbagai kecamatan.

“Nanti akan kita verifikasi dengan tenaga pendamping, layak atau tidaknya,” kata dia, menjelaskan.

Dari 128 penerima bantuan RTLH tersebut, kata dia, masing-masing akan menerima bantuan sebesar Rp20 juta.

“Setiap penerima nanti akan mendapatkan sekitar 20 juta rupah, dari 20 juta itu nanti akan deperuntukkan ke pembangunan rumah yang lebih layak,” jelasnya.

Sementara itu, untuk realisasi program RTLH tersebut pihaknya masih menunggu selesainya proses verifikasi. “Nanti akan kita verifikasi dengan tenaga pendamping, layak atau tidaknya,” tambahnya.

Menurut dia, dari 128 penerima bantuan RTLH tersebut, masing-masing akan menerima bantuan sebesar Rp 20 juta.

“Setiap penerima nanti akan mendapatkan sekitar 20 juta rupah, dari 20 juta itu nanti akan deperuntukkan ke pembangunan rumah yang lebih layak,” tambahnya.

Sementara, untuk realisasi program RTLH tersebut pihaknya masih menunggu selesainya proses verifikasi.

“Kemungkinan pelaksanaan efektifnya di bulan Agustus hingga Desember nanti setelah selesai tahapan verifikasi,” imbuh Noer Lisal Anbiyah.

Ia berharap, adanya program RTLH ini, para penerima mampu merasakan tempat tinggal yang lebih layak, sehingga setiap aktivitasnya lancar.

"Harapannya ya menaikkan taraf hidup mereka, dari rumah yang tidak layak huni menjadi layak huni sehingga masyarakat itu sehat dan terbantukan,” ucap dia, berharap.

Selain itu, pihanya juga berharap dengan diverifikasinya program tersebut tepat sasaran. “Yang terpenting dari program RTLH ini, ya harus tepat sasaran,” tandasnya. (nam)