Presiden Jokowi Tinggalkan KTT APEC 2022 Demi Hadiri Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Jateng

Jokowi bercerita bahwa dirinya meninggalkan acara KTT APEC 2022 di Bangkok, Thailand, demi Muktamar Muhammadiyah.

Presiden Jokowi Tinggalkan KTT APEC 2022 Demi Hadiri Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Jateng
Foto: Tara Wahyu NV/detikJateng

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah di Surakarta, Jawa Tengah, hari ini. Jokowi bercerita bahwa dirinya meninggalkan acara KTT APEC 2022 di Bangkok, Thailand, demi Muktamar Muhammadiyah.

Dilansir dari detik.com, Jokowi awalnya bercerita bahwa sebelum terbang ke Bangkok, dirinya tengah menjalani acara KTT G20 di Bali sebagai tuan rumah selama tiga hari. Lalu, satu hari setelah KTT G20 usai, Jokowi lanjut terbang ke Bangkok selama dua hari untuk hadir di KTT APEC 2022.

BACA JUGA : Jokowi Jadi Juru Damai Dunia Lewat Gelaran G20 Bali, Ini...

"Setelah di Kamboja 4 hari kemudian langsung ke Bali karena KTT G20 3 hari. Dan 2 hari yang lalu terbang ke Bangkok, Thailand 2 hari," kata Jokowi pada sambutannya yang disiarkan secara langsung di YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (19/11/2022).

Lalu, Jokowi menyebut dirinya pada Jumat (18/11) malam kemarin langsung terbang balik ke Solo, dan tiba sekitar pukul 23.00 WIB. Jokowi rela meninggalkan KTT APEC lantaran dirinya merasa terhormat atas undangan yang diberikan PP Muhammadiyah serta PP 'Aisyiyah.

"Tadi malam saya masih berada di Bangkok, dan sampai di Kota Solo jam 11 malam, untuk hadir di KTT APEC," katanya.

BACA JUGA : Jokowi Kunker ke Luar Negeri, Ma’ruf Amin Jadi Presiden Lagi

"Seharusnya KTT APEC baru selesai sore hari ini, tetapi karena hormat saya, respect saya, terhadap undangan dari PP Muhammadiyah dan PP 'Aisyiyah, maka saya pulang duluan, mendahului pemimpin-pemimpin yang lain supaya bisa berjumpa dengan bapak ibu semuanya," sambungnya.(ros)