Presiden Jokowi Resmi Luncurkan Vaksin Covid-19 IndoVac Hari Ini

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan vaksin virus corona (Covid-19) produksi dalam negeri bernama IndoVac pada Kamis (13/10). Peresmian ini sekaligus menandakan vaksin ini mulai digunakan dalam program vaksinasi nasional.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan vaksin virus corona (Covid-19) produksi dalam negeri bernama IndoVac pada Kamis (13/10). Peresmian ini sekaligus menandakan vaksin ini mulai digunakan dalam program vaksinasi nasional.

"Pada pagi hari ini saya luncurkan vaksin IndoVac produksi PT Bio Farma Bandung," kata Jokowi saat meresmikan peluncuran vaksin.

BACA JUGA : Bio Farma Bakal Donasi Vaksin Covid-19 IndoVac untuk Afrika

Dalam pidatonya, Jokowi merinci produksi vaksin IndoVac di Indonesia pada tahun ini bisa mencapai 20 juta. Ia pun berharap di tahun berikutnya produksi bisa ditingkatkan lebih jauh.

"Tahun depan bisa 40 juta. Bila pasar memerlukan 120 juta dosis vaksin. Ini saya kira sebuah kerja keras SDM muda kita," kata Jokowi.

"Dalam garap vaksin baru, satu setengah tahun diam enggak pernah bersuara, tahu-tahu jadi IndoVac," tambahnya.

BACA JUGA : Kali Ciliwung Meluap, 25 RT di DKI Terendam Banjir pada Pagi Hari Ini

Sebagai informasi, vaksin IndoVac merupakan vaksin buatan dalam negeri dengan platform subunit protein dikembangkan oleh PT Bio Farma dan Baylor College of Medicine. Selain vaksin IndoVac, Presiden Jokowi telah menyetujui vaksin virus corona buatan dalam negeri yakni vaksin Inavac.

Vaksin IndoVac telah mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) dari BPOM pada 28 September 2022 lalu. EUA diberikan untuk sasaran usia 18 tahun ke atas.

Selesai acara tersebut, Jokowi akan bergeser ke Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, Kawasan Infrastruktur PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, untuk melakukan peninjauan.(lal)