Presiden Jokowi Kunker ke Mojokerto Dekat Istana Ada Aksi 411

"Kementerian BUMN mengajukan permohonan kembali agar Bapak Presiden ke Mojokerto pada hari ini, 4 November 2022," kata Bey kepada wartawan, Jumat (4/11).

Presiden Jokowi Kunker ke Mojokerto Dekat Istana Ada Aksi 411

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Mojokerto, Jawa Timur di tengah rencana PA 212 dan organisasi Islam lainnya akan menggelar aksi Reuni 411 di dekat Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (4/11).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengatakan rencana kunjungan kerja Jokowi ke Mojokerto semula dijadwalkan  pada 10 Oktober 2022 lalu. Namun tertunda sehingga baru bisa dilaksanakan pada hari ini.

Oleh karena itu, dia menegaskan agenda kunker presiden itu sudah direncanakan sejak lama, bukan mendadak.

"Kementerian BUMN mengajukan permohonan kembali agar Bapak Presiden ke Mojokerto pada hari ini, 4 November 2022," kata Bey kepada wartawan, Jumat (4/11).

Pada hari yang sama pula, sejumlah ormas Islam, termasuk PA 212 akan menggelar reuni aksi 411 yang bertajuk Aksi Bela Rakyat Jilid 4 (Akbar 411) di dekat Istana Kepresidenan Jakarta. Mereka tergabung dalam kelompok bernama Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan dalam surat pemberitahuan itu disebut aksi akan dihadiri ratusan peserta

Zulpan mengatakan aksi itu akan dimulai sekitar pukul 13.00 WIB dan diikuti oleh massa dari berbagai organisasi.

"(Dengan tuntutan) turunkan Harga BBM, turunkan harga-harga, tegakan keadilan hukum (Tritura)," ucap Zulpan.

Demonstrasi bertajuk Aksi 411 pertama kali digelar pada 4 November 2016 silam. Saat itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok didemo terkait dengan pernyataannya soal Alquran surat Al-Maidah Ayat 51. Aksi itu dimotori ormas-ormas Islam seperti GNPF MUI bersama Front Pembela Islam (FPI) dan lainnya.

Setelah itu, muncul lagi Aksi 2 Desember 2016 dan Aksi 21 Februari 2017 atau yang lebih dikenal sebagai Aksi 212. Aksi rata-rata diikuti ratusan ribu massa di kawasan Monumen Nasional atau Patung Kuda, Jakarta.(han)