Presiden China Xi Jinping Jadi Coba Kereta Cepat JKT-BDG?

"Kalau Kereta cepat itu saya kira nggak ada masalah. Nanti tanggal 16 November jam 4 sore, kira-kira itu nanti ada dynamic test, disaksikan Presiden Jokowi dan Xi Jinping zoom dari Bali," saat ditemui setelah acara gerakan #DemiIndonesia detikcom, di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (29/10) lalu.

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping akan menyaksikan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung via Zoom. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang mengatakan kedua kepala negara itu akan menyaksikannya dari Bali saat gelaran KTT G20.

"Kalau Kereta cepat itu saya kira nggak ada masalah. Nanti tanggal 16 November jam 4 sore, kira-kira itu nanti ada dynamic test, disaksikan Presiden Jokowi dan Xi Jinping zoom dari Bali," saat ditemui setelah acara gerakan #DemiIndonesia detikcom, di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (29/10) lalu.

BOCA JUGA : Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Segera Dibangun, Bisa Ditempuh dalam 4 Jam

Sementara sebelumnya, Jokowi dan Xi Jinping dijadwalkan akan menjajal langsung uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Hal ini dikatakan oleh Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi tahun lalu.

"November (2022) nanti Presiden China Xi Jinping yang pertama kali naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung bersama Presiden Jokowi dalam rangkaian acara G20," kata Dwiyana ketika berkunjung ke Transmedia, Jakarta Selatan, Senin (18/10/2021) kemarin.

Pada Juni 2022 ini juga dikatakan demikian bahwa kedua kepala negara itu akan mencoba lanju dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"November ini adalah dynamic test jadi sifatnya uji coba EMU yang sudah datang di Indonesia kita rencanakan di bulan September nanti. Jadi kita harapkan nanti kedua pemimpin negara Bapak Presiden Jokowi dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan mencoba EMU tersebut dari casting yard 4 ke arah Tegalluar," katanya di tunnel 2 proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Purwakarta, Selasa (21/6/2022).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga sempat menyinggung Jokowi dan Xi Jinping yang akan menjajal langsung Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Makanya pada awal Oktober lalu, Budi melakukan pengecekan langsung untuk memastikan kesiapan dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Apa yang saya lakukan hari ini adalah memastikan bahwa kunjungan bapak Presiden Indonesia dan Presiden Xi Jinping bisa dilaksanakan dan relatif apa yg sudah disiapkan oleh KCIC relatif berjalan dengan baik," ujar Budi Karya.

BACA JUGA : Menhub Ungkap Proyek Kereta Cepat Lanjut Sampai Surabaya, Ini Rutenya

Pihaknya menginginkan ujicoba tersebut nantinya bisa dilakukan hingga Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung. Menurutnya beberapa tempat yang representatif bisa segera beroperasi.

"Oleh karenanya saya meminta kepada dirut chairman konsentrasi pada persiapan agar itu berjalan dengan baik," jelasnya.

Sementara Jokowi sendiri mengatakan jadwal menjajal langsung Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan Xi Jinping masih dibicarakan.

"Ini masih dibicarakan, belum final," kata Jokowi saat meninjau pembangunan KCJB di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022).(rws)