PORWANAS Dimulai, Oleh-Oleh Malang Ikut Ketiban Rezeki

PORWANAS Dimulai, Oleh-Oleh Malang Ikut Ketiban Rezeki
Showroom Batik Tulis Celaket dipadati tamu dari PORWANAS

NUSADAILY.COM – MALANG - Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2022 digulirkan di kawasan Malang Raya mulai 21-27 November. Kompetisi multi cabang olahraga ini diikuti 3.500 atlet dari 34 kontingen provinsi se Indonesia.

 

Ajang kompetisi olahraga yang diikuti ribuan wartawan tersebut memberi dampak positif bagi pelaku ekonomi kreatif, salah satunya Batik Tulis Celaket (BTC). Batik yang dirintis sejak 1997 silam kedatangan peserta PORWANAS mulai Senin (21/11) ini. Mereka melihat batik yang ada di showroom, Jalan Jagung Suprapto II Kota Malang hingga langsung memborongnya.

 

‘’Saya suka batik ini. Mmpung ada di Malang, beli oleh-oleh untuk keluarga yang ada di rumah. Kali ini oleh-olehnya adalah Batik Tulis Celaket,’’ ungkap salah satu peserta PORWANAS ketika berkunjung di Batik Tulis Celaket.

 

Pemilik Batik Tulis Celaket, Hanan Jalil mengatakan, perhelatan Porwanas membawa berkah. Produknya banyak diborong para peserta Porwanas yang berdatangan ke Kota Malang. Omzetnya pun melesat berkali-kali lipat.

 

"Bersyukur berkah Porwanas menggeliatkan sektor usaha. Banyak peserta yang tertarik dan memborong Batik Tulis Celaket," ucap Hanan.

 

Hanan menuturkan, produk-produk batik yang dihasilkan sudah menembus pasar mancangera. Kreasi motif yang ditampilkan kental khas Malangan. Seperti motif topeng, singa dan bunga teratai serta bunga puring yang menjadi khas Kota Malang. Harga yang dibanderol berkisar Rp150 ribu hingga jutaan rupiah.

"Pekerjanya ada 40 orang. Dan saya pastikan tidak akan kembar motifnya, bahkan seluruh dunia tidak sama. Karena satu motif untuk satu produk saja" pungkas dia.

Salah satu peserta Porwanas, memborong Batik Tulis Celaket karena takjub dengan motif serta warnanya yang indah. Batik tersebut memiliki ciri khas sehingga berbeda dengan batik dari daerah lain. (oer/wan)