PORWANAS Diharapkan Menpora Jadi Salah Satu Ajang Pemersatu

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengharapkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional Wartawan Nasional (Porwanas) XIII 2022 yang digelar di Malang Raya, Jawa Timur bisa menjadi ajang pemersatu.

PORWANAS Diharapkan Menpora Jadi Salah Satu Ajang Pemersatu
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada saat memberikan pengarahan pada saat membuka Pekan Olahraga Nasional Wartawan Nasional (Porwanas) XIII 2022, di Kota Malang, Jawa Timur, Senin (21/11/2022). (ANTARA/Vicki Febrianto)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengharapkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional Wartawan Nasional (Porwanas) XIII 2022 yang digelar di Malang Raya, Jawa Timur bisa menjadi ajang pemersatu.

"Kita harus memulai sesuatu yang baik. Porwanas ini salah satu cara untuk mempersatukan, yang sebelumnya tidak bisa bersatu," kata Zainudin, di Kota Malang, Jawa Timur, Senin malam.

BACA JUGA : 3.500 Wartawan Bakal Hadiri PORWANAS yang Diadakan di Malang

Zainudin menjelaskan, ajang Porwanas tersebut diharapkan tidak hanya mempersatukan seluruh kontingen yang akan mengikuti ajang empat tahunan tersebut. Namun, ia juga berharap ajang itu bisa mempersatukan suporter Arema FC, Aremania dan suporter Persebaya, Bonekmania.

Dalam kesempatan itu, Zainudin mengenakan syal yang bertuliskan Bonek pada sisi sebelah kanan dan Aremania pada sisi sebelah kiri. Dukungan untuk klub sepak bola kesayangan dua wilayah di Jawa Timur tersebut diharapkan 90 menit di lapangan hijau,

"Karena kita sama-sama warga negara, sama-sama orang Jawa Timur. Berbeda dukungan hanya 90 menit. Tetapi setelah itu tidak ada lagi (perbedaan) di antara kita, baik Aremania maupun Bonekmania," katanya.

Ia menambahkan, terkait dengan peristiwa tragedi di Stadion Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022, pemerintah saat ini berupaya untuk merumuskan cara untuk melakukan penataan yang lebih baik, agar sebuah pertandingan olahraga bisa berjalan dengan baik dan aman.

"Kami akan menata lebih baik, bagaimana semua pertandingan olahraga yang dihadiri banyak penonton semakin tertib serta keamanan semakin ketat," katanya.

Secara garis besar, ia berharap Porwanas XIII 2022 Jawa Timur seluruh kontingen diharapkan meningkatkan kolaborasi dan meningkatkan kebugaran para jurnalis. Selain itu, pemerintah memberikan apresiasi kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) selaku penyelenggara.

"Ini penting dilakukan, saat ini empat tahun sekali. Kalau boleh tiga tahun sekali, supaya ada ajang untuk bertemu para jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak menambahkan pelaksanaan Porwanas XIII tersebut akan memberikan dampak ekonomi yang cukup besar dari para peserta yang hadir di wilayah Malang Raya.

"Ada 2.200 kontingen jurnalis yang ada di Malang Raya, tentunya ada dampak yang sangat positif. Belum lagi dari simpatisan yang hadir di Malang Raya," katanya.

Ia menambahkan, Porwanas XIII 2022 Jawa Timur tersebut juga merupakan momen yang baik untuk membangun semangat kekeluargaan di kalangan para jurnalis dari sejumlah wilayah di Indonesia. Pada ajang tersebut, diikuti peserta dari 34 provinsi dan satu lainnya dari Surakarta.

"Ini momen yang baik untuk membangun semangat kekeluargaan dan cinta olahraga," ujarnya.

BACA JUGA : PORWANAS Dimulai, Oleh-Oleh Malang Ikut Ketiban Rezeki

Porwanas XIII 2022 digelar di Malang Raya pada 21-27 November 2022.Pesta olahraga untuk wartawan bagi anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ini mempertandingkan sepuluh cabang olahraga, diantaranya futsal, sepak bola, tenis meja, bulu tangkis, dan e-sport.

Gelaran tersebut diikuti 1.300 atlet yang didampingi 900 orang ofisial. Pesta olahraga tersebut juga melibatkan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) yang berjumlah kurang lebih sebanyak 3.000 orang.

(roi)