Parpol Bentukan Fahri Hamzah Pilih Sokong Petahana Pilkada Jember

  • Whatsapp
parpol fahri
Meski tanpa kursi, Partai Gelora bentukan Fahri Hamzah mendukung petahana di Pilkada Jember. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Partai Gelora yang baru saja didirikan oleh mantan politisi PKS, Fahri Hamzah memilih jalan mendukung pasangan calon dari jalur perseorangan Faida – Dwi Arya Nugraha Oktavianto.

Hal itu berbeda dengan sikap kebanyakan partai politik yang justru ingin melawan petahana tersebut. Bahkan, PDIP yang pernah mengusung di Pilkada 2015, tidak memberikan rekomendasi meski Faida ikut penjaringan bakal calon Bupati.

"
"

Baca Juga

"
"

Menurut Ketua DPC Partai Gelora Jember Tulus Mardiyono dukungan resmi ditandai dengan kedatangan sejumlah pengurus DPW Partai Gelora Jawa Timur ke Jember beberapa waktu lalu.

“Bertemu dengan Mas Vian,” ujar Tulus dalam keterangannya ke nusadaily.com pada Senin, 3 Agustus 2020.

Fahri Hamzah si empunya Partai Gelora, lanjut dia, sangat mendukung kepada pasangan Faida – Vian, meski pencalonan mereka pakai jalur non partai.

BACA JUGA: Hanya Satu, Parpol Usung Siapa Lawan Petahana?

“Kalau diperlukan misalnya ada kampanye, (Fahri Hamzah) diturunkan ke Jember juga bisa,” Tulus menjamin ketua umumnya bersedia jadi juru kampanye.

Ia bercerita, awalnya dikenalkan ke Vian lewat temannya yang sama-sama berkecimpung di tim pemenangan Prabowo – Sandi kala Pilpres 2019.

Disamping perkenalan itu, alasan lain lantaran dia sering bertemu warga di sejumlah wilayah yang arah pilihannya ke petahana.

Pengurus Partai Gelora sempat menolak karena banyak membaca media massa tentang Faida. Tulus berusaha meyakinkan sehingga sikap mereka berubah

“Awalnya juga menolak karena berita. Jadi, yang diterima mereka tentang Bu Faida ini miring. Setelah saya jelaskan, oh tidak di masyarakat seperti ini,” urainya.

Selanjutnya, kader dan anggota Partai Gelora akan melebur ke dalam relawan petahana, untuk berkampanye serta membawa atribut partainya.

Seperti diketahui di lain pihak, 11 parpol pemilik kursi di DPRD Jember bersepakat bersatu mengusung satu pasangan calon untuk melawan petahana.

Pengurus 11 parpol di tingkat daerah Jember berkirim surat ke DPP masing-masing meminta agar berkoordinasi dan menentukan sepasang cabup dan cawabup.

Nama 11 parpol berikut kursinya, yakni PKB (8 kursi); Nasdem (8 kursi); PDIP (7 kursi); Gerindra (7 kursi); PKS (6 kursi); PPP (5 kursi); Golkar (2 kursi); Demokrat (2 kursi); PAN (2 kursi); Perindo (2 kursi) dan Partai Berkarya (1 kursi).

Adapun bacabup yang bersaing memperoleh rekomendasi parpol diantaranya adalah pengusaha air mineral kemasan, Hendy Siswanto; pengusaha properti, Abdus Salam; mantan wartawan televisi, Ifan Ariadna; eks Kepala BPN Jember, Djoko Susanto; mantan penyelenggara Pemilu Achmad Anis, dan Dima Akhyar; serta bekas Kepala Dinas Pendidikan Achmad Sudiono. (sut/lna)

Post Terkait

banner 468x60