Langkah Gus Ipul Terganjal Penolakan Basis PKB

  • Whatsapp
Jajaran pengurus PAC dan Ranting PKB Kota Pasuruan menyerahkan surat pernyataan ke DPW PKB Jatim. (ist)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Langkah mantan Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul melenggang ke Balaikota Pasuruan tak semulus yang diharapkan. Ini menyusul penolakan basis massa PKB atas rekomendasi yang akan diberikan kepada kakak Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf.

Jajaran pengurus ranting dan PAC PKB Kota Pasuruan menyatakan sikap dan penolakan terhadap droping cawali Pasuruan. Gus Ipul dianggap bukan sebagai calon pemimpin yang berasal dari aspirasi basis massa PKB.

"
"

Baca Juga

"
"

Para pengurus ditingkat kelurahan dan kecamatan ini bahkan telah melayangkan surat protes kepada DPP PKB. Surat yang diserahkan melalui DPW PKB Jatim tersebut berisi pernyataan sikap dari para pengurus yang tidak ada satupun mendukung Gus Ipul.

Pada proses penjaringan di DPC PKB Kota Pasuruan, hanya ada empat nama yang lolos bacawali Pasuruan. Tiga orang berasal dari kader yakni Abdullah Junaedi, Mahfud, Nawawi serta seorang lainnya dari eksternal partai yakni Ismail Nachu. Namun belakangan, DPP PKB bakal memberikan rekomendasi pada Gus Ipul.

Baca juga: Risma Nyanyi Met Ultah Buat Kapolda Jatim

“Surat pernyataan yang disampaikan ke DPW PKB Jatim merupakan aspirasi grassroot PKB. Kami ingin agar mekanisme penjaringan yang telah dilakukan bisa ditindaklanjuti secara keorganisasian,” kata Sekretaris Dewan Syura DPC PKB Kota Pasuruan, Ust Nawawi.

Pengurus PAC PKB Bugulkidul, Abdul Rohman menyatakan, rencana pemberian rekomendasi kepada Gus Ipul sangat bertentangan dengan aspirasi arus bawah. Jika DPP PKB bersikukuh, akan terjadi penolakan yang lebih kuat.

“Selama ini kami sudah menyosialisasikan empat nama cawali yang akan diusung PKB. DPP PKB seharusnya merespon aspirasi yang berkembang di masyarakat. Kami memiliki calon yang mengerti bagaimana membangun Kota Pasuruan,” kata Abdul Rohman.

Hal senada disampaikan Riswandono, PAC PKB Panggungrejo, yang menyatakan telah terjadi keresahan atas wacana pencalonan Gus Ipul. Apalagi pencalonan Gus Ipul tidak melalui prosedur dan ujug-ujug muncul dari elit PKB.

“Jangan salahkan kader, jika nanti PKB kalah dalam Pilwali,” tandasnya. (oni)

Post Terkait

banner 468x60