Enam Nama Usulan PKS untuk Calon Wakil Wali Kota Padang

  • Whatsapp
pks padang
Ketua DPD PKS Kota Padang Muharlion (Antara/Istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PADANG – Partai Keadilan Sejahtera Kota Padang, Sumatera Barat, telah mengusulkan dan mengirim enam nama ke DPP PKS untuk dipilih sebagai Calon Wakil Wali Kota Padang pasca dilantiknya Wali Kota Padang Mahyeldi sebagai Gubernur Sumbar 2021-2024.

“Enam nama yang dikirimkan tersebut yaitu Irsyad Syafar, Muharlion, Rahmat Saleh, Muhidi, Mulyadi Muslim dan Irfan Aulia,” kata Ketua DPD PKS Padang Muharlion mengutip Antara, Minggu (28/2).

BACA JUGA: Mahyeldi Ansharullah Masih Menempati Rumah Dinas Wali Kota Padang

Usai dilantiknya Wali Kota Padang Mahyeldi sebagai Gubernur Sumbar, maka Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa sesuai ketentuan perundang-undangan dalam waktu dekat akan ditetapkan sebagai Wali Kota definitif sehingga kursi wakil wali kota kosong.

“Karena saat pilkada Padang 2018 Hendri Septa diusung dari PAN maka kursi Wakil Wali Kota secara ketentuan menjadi jatahnya PKS,” kata dia.

Enam nama yang diusulkan tersebut Irsyad Safar saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sumbar 2019-2024 dan pernah menjabat sebagai Ketua DPW PKS Sumbar.

Sementara Rahmat Saleh merupakan anggota DPRD Sumbar 2014-2019 dan terpilih kembali untuk periode 2019-2024 dan saat ini menjabat sebagai Sekretaris Umum DPW PKS Sumbar.

Berikutnya Muhidi merupakan anggota DPRD Padang 2019-2024 dan sebelumnya menjabat Wakil Ketua DPRD Padang 2014-2019 dan pernah menjabat Ketua DPD PKS kota Padang.

Sedangkan Mulyadi Muslim sebelumnya merupakan praktisi pendidikan dan cendikiawan muslim yang menjabat Sekretaris MUI Kota Padang dan Direktur Badan Wakaf Ar Risalah.

Terakhir Irfan Aulia merupakan seorang akademisi dan saat ini menjabat Wakil Ketua DPP PKS Sumatera Bagian Utara.

Muharlion berharap dalam waktu dekat nama-nama tersebut segera dikerucutkan sehingga proses pemilihan Wakil Wali Kota Padang bisa dimulai.

Untuk proses pemilihan Wakil Wali Kota Padang sesuai ketentuan diusulkan dua nama oleh partai pengusung, yaitu PKS dan PAN untuk kemudian dipilih di DPRD Padang dengan sistem pemungutan suara terbanyak.

Sebelumnya DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sumatera Barat akan mengusulkan sejumlah kadernya menjadi calon Wakil Wali Kota Padang mendampingi Hendri Septa yang naik menjadi Wali Kota Padang menggantikan Mahyeldi yang telah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

BACA JUGA: Jembatan di Padang Selesai Setelah 11 Tahun Pembangunan

Ketua DPW PAN Sumbar Indra dt Rajo Lelo mengatakan penunjukan Wakil Wali Kota Padang mengacu kepada aturan untuk mengisi posisi wakil wali kota akan diusulkan partai pengusung yakni PKS dan PAN.

Menurut dia, kader PAN juga berkemungkinan dapat terpilih meskipun Hendri Septa juga merupakan kader PAN dan juga Ketua DPD PAN Kota Padang.

“Itu semua tergantung kesepakatan oleh partai pengusung, namanya diusulkan ke DPRD Padang dan siapa yang akan dipilih itu tergantung keputusan di DPRD Padang. PAN akan mengusulkan calon begitu juga PKS,” kata dia.(lna)