Dua Pasang Penantang Resmi Bertarung dengan Petahana di Pilkada Jember

  • Whatsapp
pasangan pilkada
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Setelah pemerintah berkeputusan tetap menggelar Pilkada serentak, KPU Jember melakukan rapat pleno penetapan pasangan calon pada Rabu, 23 September 2020.

Hasil rapat diumumkan bahwa tiga pasang kandidat yang sebelumnya sudah mendaftar semuanya dinyatakan memenuhi syarat dan ditetapkan sebagai peserta Pilkada.

Baca Juga

Cabup Hendy Siswanto – Cawabup KH Muhamad Balya Firjaun Barlaman (Hendy – Gus Firjaun) diusung Partai NasDem, Gerindra PPP, PKS, dan Demokrat dengan total 28 kursi DPRD Jember.

BACA JUGA: KPU Jember Belum Diberitahu Penjaga Ruang Kerja Bacabup Faida Positif COVID-19

Cabup Abdus Salam – Cawabup Ifan Ariadna Wijaya melalui pengusung PDI-P, PKB, PAN, Perindo, Golkar dan Berkarya dengan jumlah 22 kursi parlemen.

Cabup Faida – Cawabup Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida – Vian) lewat jalur perseorangan dengan dukungan 146.687 surat yang terverifikasi.

Ketua KPU Jember Muhammad Syai’in mengatakan, ketiga pasangan calaon tersebut resmi menjadi peserta Pilkada.

“Ditetapkan dalam surat keputusan KPU Jember nomor: 237/ PL.02.3-Kpt/ 3509/ KPU-Kab/ IX/ 2020,” terangnya.

Menurut Syai’in, saat ini juga, masing-masing atas nama pasangan calon maupun partai pengusung wajib membuat rekening khusus dana kampanye (RKDK).

“Karena tanggal 24 September dilakukan pengundian nomor urut, dan mulai tanggal 26 September sampai 5 Desember adalah masa kampanye,” ulasnya.

RKDK dimaksudkan agar dana kampanye diketahui oleh publik sejak awal. Selain itu, KPU melalui akuntan independen bisa mengaudit nilai sumbangan serta penggunaan dana kampanye semua kandidat.

Hingga detik ini belum ada pasangan calon yang mengumumkan dana awal kampanyenya. Kendati, batasan waktu pembukaan rekening paling lambat sebelum dimulainya tahapan kampanye.

BACA JUGA: Kandidat Kepala Daerah Jember Hanya Beri KPU Nomor Register LHKPN

“Kandidat diminta melaporkan pertama dana awal kampanye, kemudian juga ada laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK), dan terakhir nanti laporan penerimaan dan penggunaan dana kampanye. Kami menunjuk auditor untuk mengaudit,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dari tiga pasang kandidat tersebut, dua diantaranya yakni Hendy – Gus Firjaun, dan Salam – Ifan berstatus sebagai kandidat penantang.

BACA JUGA: Jejak Siasat Pelantikan 611 Pejabat Jember yang Dianulir Kemendagri

Lawan mereka adalah Bupati Jember Faida yang maju kembali meski dengan pasangan baru Vian, bukan lagi bersama Wakil Bupati KH Abdul Muqit Arief. (sut)

Post Terkait

banner 468x60