Disambati Nelayan, Gus Ipul Janjikan Pembangunan Pelabuhan

  • Whatsapp
Gus Ipul menemui nelayan pesisir Kota Pasuruan.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – NUSADAILY.COM – PASURUAN – Nelayan pesisir pantai utara Kota Pasuruan mengeluhkan minimnya pembangunan infrastruktur di kawasan pelabuhan. Penumpukan lumpur dan sampah dialiiran muara sungai juga menjadi hambatan bersandarnya kapal.

Baca Juga

“Trotoar jalan tidak tertata. Ini sudah rusak beberapa bulan setelah dilakukan perbaikan. Selokan juga penuh sampah dsn tidak pernah dibersihkan,” kata Ahmad Gatot Hartowo tokoh nelayan saat menyambut kedatangan Calon Walikota (Cawali) Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Menurutnya, tak hanya got-got yang buntu, Sungai Gembong yang menjadi pintu keluar masuk perahu nelayan juga sangat memprihatinkan. Tidak pernah ada proses pengerukan sendimentasi.

“Kapal-kapal terkadang susah keluar masuk karena sungainya dangkal. Belum lagi jika ada gelontorkan sampah yang menambah endapan sungai,” ujarnya.

Dihadapan para nelayan, Gus Ipul juga menyayangkan minimnya pembangunan di kawasan pesisir Kota Pasuruan. Padahal jika dikelola dengan baik, pelabuhan tidak hanya akan membantu nelayan namun juga akan menjadi kawasan wisata.

“Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, mulai dari pengerukan sungai di pelabuhan, perbaikan infrastruktur seperti trotoar dan lampu penerangan yang cukup,” kata Gus Ipul.

Dengan pelabuhan yang terang, sejatinya tidak hanya akan membuat indah dipandang. Tetapi juga aman dan nyaman bagi anak dan perempuan. Menurutnya, revitalisasi pelabuhan juga harus dilakukan dengan membangun pintu air di Sungai Gembong yang bisa memfilter sampah. Sehingga kebersihan sungai sebagai pusat pelabuhan rakyat bisa terjamin. (oni/aka)

Post Terkait

banner 468x60