Dewan Pimpinan Tingkat Daerah PKS Dilantik

  • Whatsapp
Pengurus DPD PKS Kota Malang saat melakukan pelantikan di gedung DPRD Kota Malang, Minggu (21/2/2021).

Bacaan Lainnya

NUSADAILY.COM – MALANG – Sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Tingkat Daerah PKS di 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur dilantik, Minggu (21/2/2021) di Gedung DPRD Kota Malang. Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Ketua DPW Irwan Setiawan dan Ketua DSW Muhammad Ajir Abdi Moenip tersebut, juga dilakukan pelantikan kepengurusan Majelis Pertimbangan Daerah (MPD), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Etik Daerah (DEDl Partai Keadilan Sejahtera Kota Malang.

Pelantikan kepengurusan tersebut merupakan amanat musyawarah daerah ke V yang telah digelar pada bulan Desember tahun lalu untuk menyusun kepengurusan PKS Kota Malang periode 2020 – 2025. Pelantikan kepengurusan ini juga merupakan suatu kebutuhan untuk menjawab berbagai tantangan yang harus dihadapi PKS Kota Malang.

Ketua DPD PKS Kota Malang, Ernanto Djoko, menjelaskan dalam kegiatan tersebut, pihaknya melibatkan sejumlah kaum milenial.

“Jumlahnya banyak, sekitar 50 persen. Selain itu, pelantikan ini juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, efektivitas kinerja dan kaderisasi dalam kepengurusan partai,” terang dia.

Sebab, kata dia, sejumlah pemilih PKS pada Pemilu 2019 itu hampir 50 persen lebih ialah anak muda. Untuk itu, pada momen Pemilu 2024 mendatang, PKS ingin meraih suara dari kalangan anak muda semakin besar. Oleh karena itu dalam kepengurusan Kabinet Asyik, DPD PKS Kota Malang periode 2020 – 2025 siap kolaborasi bersama anak muda untuk menjadikan anak muda subjek politik bukan objek politik.

Selain itu, upaya mendorong para generasi muda terlibat aktif dalam aktulisasi diri dan berkarya di Bidang Kepemudaan, dimana Kabidnya Fikri Ghifari berusia 26 tahun dan anggota termudanya Alif Sakti usianya baru 22 tahun terus dilakukan.

Langsung Datangi dan Rangkul Anak Muda

“Anak cenderung muda sulit. Makanya kita langsung datangi mereka, kami rangkul dan penokohan dari tim bidang kepemudaan akan menjaring tokoh pemuda aktivis maupun lainnya, kami serap aspirasi, bila perlu Kota Malang jadi percontohan,” jelas dia.

Sekaligus, lanjut Ernanto, pelantikan tersebut tidak hanya dilakukan untuk rutinitas organisasi lima tahunan, namun juga untuk penyegaran pengurus dengan tujuan dapat mendukung sumber daya manusia yang profesional.

“Serta, membangun citra positif partai di tengah masyarakat. Intinya, dalam kepengurusan ini diharapkan dapat membawa PKS Kota Malang mencapai target dan arah kebijakan partai yang telah dicanangkan, membawa kemajuan, manfaat yang luas, memberi kontribusi dan pelayanan terhadap masyarakat Kota Malang,“ kata dia.

Sementaara itu, Ahmad Fuad Kabid Bidang Hukum dan Kebijakan Publik menambahkan, pihaknya telah mempunyai startegi untuk merawat dan menarik kaum muda menjadi kader PKS. Saat ini, PKS menjadi partai anak muda. Dalam tubuh PKS terdapat sosok anak muda yang kini telah menasional seperti dr Gamal.

“Dengan icon anak muda pada dr Gamal, tentunya diharapkan bisa menjadi stimulus pada generasi muda untuk tertarik dan masuk dalam dunia politik,” jelas dia.

Merawat Jaringan Muda

Selain itu, dalam upaya perawatan jaringan kader muda, secara nasional, telah dibuat Konten Kreatif Akademi. Disana para generasi muda diajarkan dan diajak menjadi seorang konten kreator yang bisa berinovasi dan menunjukan kreativitas mereka. Sehingga diharapkan bisa memacu kreativitas para kader muda.

‘Kami juga akan menjadi jembatan bagi jiwa muda yang punya ide kreatif. Akan kita fasilitas dengan investor untuk semakin mengembangkan ide yang mereka miliki. Ini juga menjadi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota. Kami akan mendukung itu, Kota Malang jadi kota layak pemuda,” pungkas dia.

Untuk diketahui, lima orang Anggota DPRD PKS Kota Malang dari Fraksi PKS masuk ke dalam kepengurusan yang dan ikut dilantik. Yakni, Asmualik sebagai Kabid Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada. Bayu Rekso sebagai Kabid Bidang Pemberdayaan Jaringan Ekonomi, Rokhmad Kabid Bidang Pekerja Petani dan Nelayan. Kemudian, Ahmad Fuad Rahman sebagai Kabid Bidang Hukum dan Kebijakan Publik dan yang sebelumnya telah dilantik Trio Agus sebagai Sekretaris DPD PKS Kota Malang.(nda/aka)

Pos terkait