Debat Pilbup Sumenep dengan Bahasa Madura, Achmad Fauzi: Sangat Mengedukasi

  • Whatsapp
Achmad Fauzi, Paslon 01 saat dikonfirmasi Sejumlah Media Usai debat Pilbup Putaran Kedua di Hotel Utami Sumenep.
banner 468x60

SUMENEP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur menggelar debat Paslon kedua pada Pemilihan Bupati (Pilbub) 2020 dengan menyertakan bahasa Madura dalam sesi debat yang dilaksanakan di Hotel Utami, Sumenep, 23 November 2020, malam.

Baca Juga

Achmad Fauzi, Paslon nomor urut 01 menyampaikan bahwa ada hal yang istimewa dalam debat kali kedua tersebut. Pihaknya menyampaikan keistimewaan tersebut karena memakai bahasa Madura. Menurutnya, debat memakai bahasa daerah tersebut tidak digunakan di daerah lain di pulau Madura ini.

“Debat kedua ini tentu sangat memberikan edukasi, mendorong kita untuk menggunakan bahasa Madura. Ini tentu sangat penting untuk Sumenep kedepan bagaimana melestarikan kearifan kearifan lokal dengan bahasa ibu,” kata Achmad Fauzi, pada sejumlah media, Senin 23 November 2020.

Meski demikian, menurut politis muda PDI Perjuangan tersebut sudah sepakat untuk bisa menggunakan bahasa Madura dengan baik saat debat. Pihaknya juga menekankan jika bahasa madura sangat layak untuk tetap dilestarikan.

“Intinya saya mengapresiasi kepada KPU yang sudah mengkonsep acara ini dengan menggunakan bahasa Madura. Paling tidak memberikan pemahaman bagi masyarakat untuk mencintai bahasanya sendiri, yakni bahasa daerah,” jelasnya dengan senyum sumringah.

Tidak hanya itu, Achmad Fauzi juga mengajak masyarakat Sumenep untuk tetap mencintai bahasa Madura secara utuh. Mengingat, bahasa daerah di Kabupaten berlambang kuda terbang tersebut lebih halus dibandingkan tiga Kabupaten lainnya.

“Siapapun harus menghargai bahasa daerah yang beragam di Kabupaten Sumenep ini,” tegasnya.

Sekedar informasi, dalam Pilbup 9 Desember 2020 di Kabupaten Sumenep diikuti dua Paslon. Diantaranya Achmad Fauzi-Dewi Khalifah nomor urut 01, dan Fattah Jasin-Ali Fikri Warits nomor urut 02. (nam/aka)

Post Terkait

banner 468x60