Bawaslu Trenggalek Copoti Ratusan APK dan APS

  • Whatsapp
Bawaslu Trenggalek bersama Satpol PP tertibkan APK. (foto: aby/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM-TRENGGALEK– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Trenggalek dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menertibkan papan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Alat Peraga Sosialisasi (APS) pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek. Yang dipasang sebelum penetapan paslon.

Baca Juga

Ketua Bawaslu kabupaten Trenggalek Rokhani mengatakan pascapenetapan paslon Kamis (23/9/2020) kemarin, pihaknya telah melayangkan surat imbauan kepada paslon untuk melakukan penertiban APK secara mandiri.

“Hal itu dilakukan karena kampanye tidak bisa langsung dilaksanakan pasca penetapan paslon tersebut. Kampanye baru bisa dilakukan pada 26 September 2020, sesuai dengan PKPU nomor 5 2020 tentang tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah,” jelasnya.

Selain itu, Bawaslu Trenggalek juga sudah menyampaikan kepada paslon dalam 1 x 24 jam untuk segera menertertibkan secara mandiri. Jika tidak, maka pihaknya dengan jajaran pengawas akan melakukan penertiban bersama instansi terkait.

“Penertiban hari ini dimulai dari pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB. Di sepanjang jalan perkotaan Trenggalek, ini terakhir di Desa Karangsoko.” imbuhnya.

Hasil penertiban hari ini, bawaslu telah menertibkan 500-an jenis APK atau APS seperti banner maupun iklan billboard baik kecil maupun besar yang tersebar.

“Kemarin ada sebagian calon yang menertibkan sendiri tapi tidak semuanya. Masih ada beberapa yang belum ditertibkan,” ucapnya.

APK tersebut selanjutnya akan di bawa ke kantor Bawaslu. Dan bisa di ambil kembali oleh masing-masing paslon. Pihaknya berpesan kepada masyarakat untuk langsung melaporkan ke Bawaslu kabupaten. Atau ke pengawas tingkat desa jika menemukan APK yang masih belum ditertibkan.

“Bagi masyarakat yg mengetahui ada APK yg belum ditertibkan bisa langsung melaporkan ke jajaran kami atau Panwascam,” tutupnya. (aby/aka)

Post Terkait

banner 468x60