Polda Bali dapat Bantuan Ratusan Motor Listrik untuk Pengamanan KTT G20

Polda Bali mengungkap bakal menggunakan 300 unit motor listrik buat pengamanan KTT G20 yang akan digelar di Bali bulan depan. Pengadaan motor listrik ini merupakan bantuan dari berbagai pihak.

Polda Bali dapat Bantuan Ratusan Motor Listrik untuk Pengamanan KTT G20
Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra (dua kanan) melepas secara simbolis sejumlah polisi yang menggunakan motor listrik saat penyerahan 100 motor listrik dari Lazada dan Smoot untuk KTT G20 di Badung, Bali, Selasa (11-10-2022). (ANTARA/Genta Tenri Manginess)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Polda Bali mengungkap bakal menggunakan 300 unit motor listrik buat pengamanan KTT G20 yang akan digelar di Bali bulan depan. Pengadaan motor listrik ini merupakan bantuan dari berbagai pihak.

Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra menjelaskan pihaknya mendapat bantuan 100 unit sepeda motor listrik dari kolaborasi Lazada dan Smoot. Lalu 200 unit motor listrik lainnya berasal dari pihak lain namun tak disebutkan detailnya.

"Seluruhnya ada 300 unit," kata dia seperti diberitakan Antara, Selasa (11/10).

BACA JUGA : Presiden Rusia Vladimir Putin Dipastikan Hadiri KTT G20 di Bali

Smoot merupakan motor listrik yang menggunakan sistem tanpa cas. Penggunanya bisa mendapatkan energi baterai dengan cara menukar baterai di lokasi penukaran yang sudah disediakan.

Berdasarkan situs Smoot Motor Listrik, satu-satunya model motor listrik yang dijual saat ini bernama Tempur yang menggunakan baterai lithium-ion jenis LFP (lithium iron phosphate) berkapasitas 64V 22,5 Ah untuk jarak tempuh hingga 60 km.

Menurut penjelasan Danu saat ini a da ratusan titik penukaran baterai di Bali, khususnya di Badung dan Denpasar.

"Jadi, kami tidak perlu menunggu lama, tinggal tukar baterai di tempat tertentu dan bisa go (jalan) lagi," ujar dia.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Kumpulkan Seluruh Pejabat Polri Hari Ini di Istana

Danu mengungkap ratusan motor listrik ini merupakan pinjaman dan diharapkan dapat diberikan untuk operasional usai KTT G20.

Chief Logistics Officer Lazada Indonesia Phillipe Auberger mengatakan mempertimbangkan permintaan tersebut.

"Kami meminjamkan motor listrik ini secara gratis. Kami akan berdiskusi nantinya [dengan Polda Bali] untuk kemungkinan menempatkan motor listrik ini dalam jangka waktu yang lama," kata Auberger.(lal)