Pj Gubernur Jakarta Bakal Hijaukan Kembali Kawasan Monas

awasn Monas bakal kembali hijau. Setelah dahulu di era Gubernur Jakarta Anies Baswedan, ratusan pohon di kawasan Monas ditebang, kini Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono berencana menghijaukan kembali kawasan Monas.

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kawasn Monas bakal kembali hijau. Setelah dahulu di era Gubernur Jakarta Anies Baswedan, ratusan pohon di kawasan Monas ditebang, kini Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono berencana menghijaukan kembali kawasan Monas.

"Pohon-pohonnya kita kombinasikan saja. Nanti mungkin IRTI ada perbaikan parkir. Kita lihat desainnya," kata Heru di Balai Kota, seberang sisi selatan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2022) sebagaimana dilansir dari detikcom.

 

Keterangan Heru tersebut menjawab pertanyaan wartawan soal penghijauan dalam revitalisasi Monas. Sebelumnya, Heru dan Menteri BUMN Erick Thohir sempat bertemu dan berbicara soal penghijauan Monas.

 

"Monas tentu akan jadi bagian public area yang hijau. Hijaunya jangan tanggung. Kalau di Senayan kompleks GBK bagus. Ini yang kita mau terapkan di tempat kita. Ini kita coba sinkronisasikan," kata Erick setelah menemui Heru, yang bertandang ke kantornya, Rabu (19/10) kemarin.

 

Sebelumnya, pada era Anies, Januari 2020, pohon-pohon di area Monas ditebang demi revitalisasi. Saat itu, Pemprov DKI hendak membangun plaza parade.

 

Ada 191 pohon yang ditebang untuk revitalisasi Monas. Selain itu, 85 pohon dipindahkan. Saat itu, Pemprov DKI juga berencana mengganti pohon yang ditebang dan dipindahkan dengan jumlah yang lebih banyak, yakni penanaman 573 pohon.

 

"Dalam Keppres 25 Tahun 1995 itu, 53 persen (kawasan Monas harus kawasan hijau). Justru dalam rancangan baru ini menjadi 64 persen. Dan itu sudah disampaikan juga oleh Komisi Pengarah (Kawasan Medan Merdeka) bahwa ini sebuah langkah yang diapresiasi," kata Anies di kantor Kementerian Sekretaris Negara, Jl Majapahit, Jakarta Pusat, 5 Februari 2020.(*)