Pilpres 2024, Erick Thohir Dinilai Sosok Tepat Dampingi Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju dalam konstelasi Pilpres 2024. Erick dan Ganjar dianggap punya gaya yang selaras ketika memimpin.

Pilpres 2024, Erick Thohir Dinilai Sosok Tepat Dampingi Ganjar Pranowo
Erick Thohir Dinilai Sosok Tepat Dampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

NUSADAILY.COM – SURABAYA -  Forum Relawan Ganjar (FRG) menilai Menteri BUMN Erick Thohir sebagai sosok yang tepat untuk mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju dalam konstelasi Pilpres 2024. Erick dan Ganjar dianggap punya gaya yang selaras ketika memimpin.

Koordinator Nasional FRG, Aidil Fitri mengungkapkan Erick punya elektabilitas tinggi dan terus meningkat. Selain itu, karakter Erick yang pekerja keras dinilai dapat membantu Ganjar menyukseskan kinerja bangsa guna mewujudkan pemerataan pembangunan.

BACA JUGA : Residivis Jambret Diringkus Polres Mojokerto, Beraksi 13...

“Kami percaya jika Ganjar Pranowo dan Erick Thohir ini disandingkan menjadi capres dan cawapres, maka Indonesia akan semakin luar biasa,” ujar Aidil.

Selama menjabat sebagai Menteri BUMN, terang Aidil, Erick telah menorehkan banyak prestasi. Bahkan mampu menyumbangkan pendapatan cukup besar bagi keuangan negara melalui transformasi yang diterapkan ke perusahaan-perusahaan BUMN.

Sejumlah cara dilakukan Erick, mulai dari pemangkasan BUMN non-produktif sehingga dari jumlah ratusan kini tinggal 41 perusahaan. Selain itu, sistem manajemen perusahaan BUMN dibenahi untuk memunculkan transparansi.

Bahkan, Erick sampai menggandeng BPKP dan Kejaksaan Agung untuk menindak segala bentuk kecurangan yang dilakukan para oknum di perusahaan pelat merah. Alhasil, BUMN kini jadi makin sehat.

Masih melekat dalam ingatan, banyak oknum yang mengambil keuntungan di perusahaan BUMN seperti kasus Jiwasraya, Asabri, PLN, Krakatau Steel dan Garuda Indonesia. Berbagai penyelewengan tersebut berhasil diselesaikan Erick dengan menggandeng BPKP dan Kejagung.

Transformasi digital juga dilakukan Erick perusahaan-perusahaan BUMN. BUMN yang telah melakukan transformasi digital adalah Bio Farma, PLN, Telkom Indonesia dan ASDP. Transformasi ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan transparansi di dalam tubuh perusahaan BUMN.

Dengan berbagai transformasi yang dilakukan Erick berhasil meningkatkan laba Kementerian BUMN. Pada 2020, laba hanya tercatat Rp13 triliun namun meroket jadi Rp124,7 triliun di 2021 dan pada triwulan III 2022 tercatat Rp155 triliun.

BACA JUGA : KPK OTT Wakil Ketua DPRD Jatim Dan Kabarnya Masih Banyak...

Erick juga gencar merealisasikan program untuk menggerakkan ekonomi masyarakat Indonesia. Program ini meliputi KUR, Mekaar dan Makmur, di mana berdasarkan data Kementerian BUMN program tersebut berhasil menciptakan 45 juta lapangan kerja di seluruh Indonesia.

“Gaya Erick Thohir hampir sama dengan Ganjar, pekerja keras, profesional, humble, dan suka membantu rakyat kecil,” pungkas Aidil.(ris)