Pertemuan Informal Para Menteri Energi Uni Eropa Masih Gagal Sepakati Batas Harga Gas

Pada 12 Oktober, pertemuan informal para menteri energy Uni Eropa diadakan di Republik Ceko. Namun pada batas harga gas alam yang diimpor dari Rusia atau batas harga gas alam yang digunakan untuk pembangkit listrik, masih terdapat perbedaan serius di antara negara-negara, dan tidak ada konsensus (kesepakatan) yang dicapai.

Pertemuan Informal Para Menteri Energi Uni Eropa Masih Gagal Sepakati Batas Harga Gas
gas (sumber: istockphoto)

NUSADAILY.COM-JAKARTA- Pada 12 Oktober, pertemuan informal para menteri energy Uni Eropa diadakan di Republik Ceko. Namun pada batas harga gas alam yang diimpor dari Rusia atau batas harga gas alam yang digunakan untuk pembangkit listrik, masih terdapat perbedaan serius di antara negara-negara, dan tidak ada konsensus (kesepakatan) yang dicapai.

Baca Juga: Pemadam Kebakaran di Berlin Batalkan Misi Penyelamatan...

Melansir new.qq.com, komisaris Eropa yang bertanggung jawab atas urusan energi, Kadri Simson, mengatakan pada konferensi pers setelah pertemuan bahwa pengadaan bersama gas alam dapat secara efektif menghindari persaingan di antara negara-negara anggota untuk menaikkan harga gas, dan pembelian massal juga dapat memperoleh harga preferensial.

Menteri Perindustrian dan Perdagangan Ceko, Sikla mengakui bahwa dalam menghadapi krisis energi, setiap negara anggota memiliki kondisi, aturan, dan kepentingan yang berbeda. 

Baca Juga: Penobatan Raja Charles III Dilakukan Pada 6 Mei 2023 di London

Dia mengatakan, pasar energi telah bekerja dengan baik selama bertahun-tahun dan sekarang intervensi di pasar tidak hanya membutuhkan kesepakatan politik tetapi juga langkah-langkah efektif dan tidak berbahaya. (mdr2/lna)