Pertamina Berangkatkan 3.000 Peserta Mudik Gratis dengan 64 Unit Bus

Pihaknya telah menyediakan 17 rute yang meliputi Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Yogyakarta, Pemalang, Cilacap, Purworejo, Kebumen, Tegal, Purwokerto, Semarang, Surakarta, Banyuwangi, Ngawi, Madiun, Malang, dan Surabaya.

Apr 19, 2023 - 20:15
Pertamina Berangkatkan 3.000 Peserta Mudik Gratis dengan 64 Unit Bus
Foto: Pertamina

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Pertamina berangkatkan 3.000 pemudik dengan 64 unit bus dalam program mudik gratis yang ke-16 kalinya. Program ini diketahui sempat absen digelar selama pandemi COVID-19.

Direktur Logistik & Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Erry Widiastono mengungkapkan beberapa di antara peserta mudik Pertamina merupakan komunitas pekerja informal, seperti marbot, pemulung, petugas kebersihan dan pedagang kaki lima. Pihaknya telah menyediakan 17 rute yang meliputi Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Yogyakarta, Pemalang, Cilacap, Purworejo, Kebumen, Tegal, Purwokerto, Semarang, Surakarta, Banyuwangi, Ngawi, Madiun, Malang, dan Surabaya.

Dalam pelepasan peserta Mudik Dinanti Mudik di Hati Bersama BUMN Pertamina 2023 di Plaza Barat Gelora Bung Karno, Jakarta hari ini, Erry mengungkapkan cakupan mudik tahun ini ditetapkan melalui jalur darat. Ia menyebut 17 titik yang diperhitungkan merupakan tujuan padat pemudik sehingga program ini dapat dimanfaatkan secara optimal bagi masyarakat.

BACA JUGA : TNI AL Bersama BAZNAS Selenggarakan Mudik Gratis dengan...

Erry menambahkan program mudik gratis ini merupakan langkah nyata Pertamina dalam mendukung program Kementerian BUMN. Yakni untuk mengungkapkan kepedulian dan rasa syukur perusahaan dengan berbagi kebahagiaan serta keberkahan kepada pemudik agar dapat berkumpul dengan keluarga tercinta.

Diketahui, Kementerian BUMN mengusung program mudik bertema 'Mudik Dinanti Mudik di Hati, Bersama BUMN 2023' tahun ini. 82 perusahaan BUMN, termasuk Pertamina, berpartisipasi dalam program ini dengan beragam pilihan moda transportasi mulai dari Bus, Kereta Api, Kapal Laut, dan Pesawat.

"Program ini merupakan salah satu bentuk syukur Pertamina karena dapat terus hadir menyalurkan energi bagi masyarakat Indonesia serta ungkapan terima kasih kepada masyarakat yang telah setia menggunakan produk-produk Pertamina," ungkap Erry dalam keterangan tertulis, Rabu (19/4/2023).

Dilansir dari detik.com, guna mendukung kenyamanan pemudik selama perjalanan, Pertamina telah memastikan aspek Keselamatan, Kesehatan, dan Keamanan pemudik. Salah satunya dengan menyediakan peralatan memadai serta moda transportasi yang telah terdata dan lulus inspeksi status layak jalan. Selain itu, masing-masing bus juga memiliki koordinator yang bertugas memantau keselamatan dan kebutuhan pemudik selama perjalanan.

Erry berharap program ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga. Namun juga dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam perjalanan mudik.

Lebih lanjut, Erry mengatakan pihaknya telah menyediakan beragam fasilitas dan aktivasi untuk pemudik. Mulai dari aktivitas anak-anak, pijat gratis, pangkas rambut gratis, serta photo box agar mendukung kenyamanan dan menunjang kebutuhan pemudik saat menunggu prosesi keberangkatan.

Tidak hanya itu, melalui kolaborasi Pertamina Group para pemudik juga memperoleh beragam benefit meliputi perlindungan asuransi pemudik selama perjalanan dari Tugu Insurance, merchandise bagi pemudik, serta e-voucher sebesar Rp 25.000 bagi pemudik yang memiliki aplikasi Mypertamina.

Fasilitas dan benefit bagi pemudik ini merupakan bentuk dukungan energi dan apresiasi Pertamina. Hal tersebut turut dirasakan oleh salah satu pemudik yang hadir dalam acara pelepasan

"Program mudik gratis ini sangat membantu kami masyarakat yang ingin mudik. Saya sangat bersyukur atas kemudahan dan fasilitas yang diberikan oleh Pertamina. Melalui program ini saya juga bisa berkumpul bersama keluarga di kampung halaman," ujar salah satu pemudik dalam program mudik gratis Pertamina. (ros)