Persija Jakarta Luncurkan Bus Baru Dilengkapi Teknologi Canggih, Ini Detailnya

Persija Jakarta resmi merilis kendaraan operasional terbarunya. Klub sepakbola kebanggaan warga ibu kota Jakarta itu meluncurkan bus baru yang memiliki sederet teknologi canggih, bahkan bisa dikatakan yang pertama di klub sepakbola Liga Indonesia.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Persija Jakarta resmi merilis kendaraan operasional terbarunya. Klub sepakbola kebanggaan warga ibu kota Jakarta itu meluncurkan bus baru yang memiliki sederet teknologi canggih, bahkan bisa dikatakan yang pertama di klub sepakbola Liga Indonesia. Seperti apa detailnya?

Sekadar informasi, bus baru yang akan digunakan buat staf pelatih dan pemain Persija ini dibangun di atas sasis Mercedes-Benz OH 1626 dengan kapasitas mesin 6.374 cc yang bisa menghasilkan tenaga puncak 260 dk pada 2.200 rpm, serta dibekali sistem transmisi otomatis (AT).

BACA JUGA: Pekerja Konstruksi Munich Tikam Dua Rekannya di Halte Bus, Salah Satu Terluka Parah


Bus ini juga mengusung sasis tipe space frame, yang artinya bagian bagasi bawahnya tembus, baik dari sisi kanan maupun sisi kiri. Tinggi bagasi ini sekitar 1.300 mm (1,3 m), sehingga sangat bisa diandalkan untuk membawa berbagai perlengkapan sepakbola.

Nah, dari segi bodi, menggunakan buatan karoseri New Armada Magelang dengan tipe bodi Skylander R22. Eksteriornya didominasi warna orange khas klub Persija, disertai logo klub, dan gambar macan di bodi samping belakang.

Dijelaskan pihak New Armada dalam video di akun YouTube Persija Jakarta, bus ini memakai kaca depan double glass, dengan bando atau sekat yang punya posisi lebih rendah, sehingga tidak mengganggu visibilitas dan kenyamanan penumpang di kabin.

Bus ini juga memiliki sejumlah teknologi canggih, seperti mirror cam atau kaca spion menggunakan sistem kamera digital. Dengan teknologi ini, desain bus tersebut jadi lebih minimalis dan ringkas, sebab tak ada lagi kaca spion konvensional model belalai yang menjulang ke depan.

"Kelebihan lainnya, di belakang (bus) ada videotron, yang mana ini berguna untuk memberikan promosi. Yang kedua sebagai informasi kepada pengendara yang di belakang, jika mereka mau membalap (atau mendahului) bus ini, sopir bisa memberikan aba-aba dengan kamera yang di depan (yang kemudian ditampilkan di videotron), jadi lebih safety," kata perwakilan New Armada, Rahmatullah.

BACA JUGA: Miris! Bus Pariwisata Tabrak Flyover di Tol Porong, 3 Tewas 46 Luka


Bus ini juga dilengkapi sejumlah fasilitas dan fitur, seperti toilet dan AVOD (Audio Video On Demand) di setiap bangku yang berguna untuk menghibur para penumpang sepanjang perjalanan. Kursinya juga sudah dilengkapi arm rest dan leg rest.

Persija adalah klub sepakbola pertama di Indonesia yang memiliki bus dengan bodi Skylander R22 ini. Sementara dari segmen bus umum, PO Pandawa 87 menjadi yang pertama memiliki bus ini.(eky)