Persiapan Mitsubishi Indonesia Luncurkan Mobil Model Ralliart

Ralliart merupakan divisi performa tinggi dan olahraga sport dari Mitsubishi Motors. Perusahaan tersebut bertanggung jawab dalam pengembangan dan persiapan kendaraan balap reli serta offroad, hingga pengembangan model dan suku cadang berkinerja tinggi yang tersedia umum.

Persiapan Mitsubishi Indonesia Luncurkan Mobil Model Ralliart
Mitsubishi Indonesia mempertimbangkan menjual mobil berbasis Ralliart yang tak sekadar kosmetik balap 'kalau pasarnya ada'. (mitsubishi-motors.com)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Mitsubishi Indonesia memiliki rencana menghadirkan mobil penumpang berperforma berbasis reli dari divisi Ralliart. Saat ini rencana tersebut tengah dipertimbangkan perusahaan."Mungkin ke depannya bisa dipertimbangkan kalau pasarnya ada," kata Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura di Jakarta, Selasa (1/11).

Ralliart merupakan divisi performa tinggi dan olahraga sport dari Mitsubishi Motors. Perusahaan tersebut bertanggung jawab dalam pengembangan dan persiapan kendaraan balap reli serta offroad, hingga pengembangan model dan suku cadang berkinerja tinggi yang tersedia umum.

BACA JUGA : Motor-motor Pebalap WSBK Mulai Tiba di Mandalika

Mitsubishi Indonesia menyampaikan negara yang akan menjual Pajero Sport dan Triton Ralliart adalah Thailand, pada akhir bulan ini.

Sebagai informasi, saat ini sejumlah merek otomotif di Tanah Air banyak yang menjajakan model penumpang berperforma yang dihasilkan dari divisi khusus perusahaan.

Model ini cukup diminati banyak konsumen Tanah Air, misalnya Toyota GR, Mercedes AMG, atau BMW M.

Nakamura mengatakan jika Mitsubishi jadi menjual produk Ralliart di Indonesia, itu tak akan dilakukan setengah-setengah.

Menurut dia mobil Mitsubishi Ralliart yang dijual harus dilengkapi spesifikasi balap, bukan sekadar modifikasi produk menggunakan kosmetik balap.

"Jadi benar-benar real tidak kosmetik saja. Jadi kalau dikasih stiker saja kurang greget. Jadi dinantikan saja apabila nanti kami ingin hadirkan Ralliart yang real ke masyarakat Indonesia," ungkap Nakamura.

AXCR 2022

Nakamura mengungkap keikutsertaan Mitsubishi dalam ajang reli internasional Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022. Pada ajang ini Mitsubishi akan mengandalkan pebalap asal Indonesia, Rifat Sungkar, dengan mobil Triton.

Mobil ini juga sebelumnya telah dipamerkan Mitsubishi dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Triton ini masuk ke dalam klasifikasi mobil reli Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) yang digolongkan pada Group T1 (prototipe kendaraan lintas alam).

Berdasarkan spesifikasi model kabin ganda Thailand, kap mobil, pintu depan dan belakang, interior dan bagian lainnya telah dibuat menjadi ringan, sedangkan bodi mobil telah diperkuat dengan roll cage dan underguard.

Suspensi yang dipasang juga khusus untuk reli sehingga memberikan karakteristik handling jauh lebih baik.

BACA JUGA : F1 GP 2022 yang Diselenggarakan di Jepang Terpaksa Dihentikan karena Banyaknya Insiden

Soal jantung pacu, Triton ini dibekali mesin 4N15 type 4-cylinder MIVEC turbo diesel 2.442 cc bertenaga 133 kw dan torsi 430 nm.

Penyetelan mesin diesel turbo 2,4 L ini difokuskan untuk mereduksi friction loss dan bobot, serta meningkatkan respons pada rentang kecepatan sedang yang sering digunakan dalam reli.

Selain itu modifikasi kedap air juga telah ditambahkan, seperti penyegelan yang lebih kuat dan snorkel saluran masuk udara.

Rifat menyampaikan ajang ini bakal menjadi tantangan baru yang akan dilakukan dalam dunia balap.

"Tahun ini kembalinya Mitsubishi langsung di ajang AXCR, ini seperti paris Dakar versi Asia, ini long distance rally yang butuh keakuratan, komunikasi. Biasanya saya reli 200 kilometer di setiap reli. Sekarang jalan 1.700 kilometer. Artinya dalam satu minggu saya nyetir mobil lebih banyak dibanding satu tahun," kata Rifat.(rws)