Pernyataan Klopp Sebelum Laga Kontra Manchester City Tuai Kontroversi

Usai hasil pertandingan yang mengejutkan, satu hal yang membuat The Citizens frustasi. Hal itu adalah komentar Klopp tentang Manchester City sebelum pertandingan.

Pernyataan Klopp Sebelum Laga Kontra Manchester City Tuai Kontroversi
Juergen Klopp dikritik oleh klub lain di liga Inggris. Foto: Jon Super/AP/bild

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Tuduhan keras terhadap Juergen Klopp. Bersama Liverpool, pelatih asal Jerman itu memenangkan pertandingan melawan Manchester City 1-0 pada hari Minggu (16/10) WIB. Sebelum pertandingan, pernyataan Klopp pada konfernsi pers membuat kegaduhan.

Usai hasil pertandingan yang mengejutkan, satu hal yang membuat The Citizens frustasi. Hal itu adalah komentar Klopp tentang Manchester City sebelum pertandingan.

BACA JUGA: Foto Benzema Aplaus Ronaldo Saat Raih Ballon d’Or Kembali...

Dilansir Bildsport, Pada konferensi pers sebelum laga Liverpool kontra Man city di Liga Premier Inggris, Klopp mengatakan bahwa Man City akan menjadi salah satu klub yang secara finansial benar-benar tidak bisa dilakukan oleh Liverpool.

“Ada tiga klub di dunia sepakbola yang bisa melakukan apapun yang mereka inginkan secara finansial,” kata Klopp pada konferensi pers.

Selain City, Klopp mungkin juga menyinggung rival liga Newcastle United dan juga Paris Saint-Germain. Ketiga klub tersebut didukung oleh investor kaya raya dari negara-negara Timur Tengah.

Menurut City, pernyataan tersebut akan memicu ketegangan di pertandingan lainnya. Di lapangan, fans Liverpool melempar koin ke arah Pep Guardiola (51). Setelah pertandingan, para pendukung The Reds menyerang bus tim Man City, menyebabkan kaca depan bus Retak.

Pendukung City juga menyebabkan perseteruan. Mereka menyanyikan tentang tragedi stadion seperti bencana Hillsborough pada 1989. Pada pertandingan Piala FA antara Liverpool dan Nottingham, 97 penonton di stadion kehilangan nyawa mereka karena terinjak-injak.

City melihat sebagian dari pernyataan yang dikeluarkan oleh Klopp sebagai awal dari “xenophobia”.

“Kami tidak harus berteman dengan klub lain, tetapi orang-orang juga tidak ingin berteman dengan kami,” kata Klopp.

BACA JUGA: Hadir di Acara Ballon d’Or, Terdengar Sorakan Boo ke Mbappe!

Pelatih Newcastle, Eddie Howe juga mengkritik Klopp. Foto: Getty Images/bild

Klopp menjelaskan. “Ini dimulai dengan pertanyaan dan saya menjawabnya. Saya tahu apa yang saya pikirkan ketika saya mengatakan dan saya memasukkannya ke dalam perspektif dan mengatakan saya menghormati apa yang mereka lakukan. Itu masih tidak tepat bagi sebagian orang, tetapi yang paling penting bagi kami sebagai klub dan untuk penggemamar kami dalam menampilkan performa luar biasa pada hari Minggu,” jelas Klopp.

Pelatih Newcastle, Eddie Howe (44) juga mengkritik Klopp. Pernyataan Klopp yang dikatakan tidak akurat tentang batas keuangan klubnya yang seharusnya tidak ada yang menyinggungnya.

“Meskipun kami menghabiskan uang untuk membeli pemain, itu tidak berlebihan atau tidak sesuai dengan sisa Liga Premier. Setiap orang harus berhati-hati dengan komentar dan pendapat mereka,” kata Howe. (jrm1/lna)