Peringati Hari Pahlawan di Kota Pasuruan, Gus Ipul: Pahlawan Teladan Menata Masa Depan

Dalam amanatnya Gus Ipul menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum untuk menjadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan bersama.

Peringati Hari Pahlawan di Kota Pasuruan, Gus Ipul: Pahlawan Teladan Menata Masa Depan
Peringatan Hari Pahlawan di Kota Pasuruan. (istimewa)

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Peringatan Hari Pahlawan "Pahlawanku Teladanku" tahun 2022 juga dilaksanakan di Kota Pasuruan. Untuk mengenang perjuangan heroik para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan, diselenggarakan upacara bendera memperingati Hari Pahlawan, Kamis (10/11) di lapangan BKD Kota Pasuruan.

Upacara tersebut berlangsung khidmat dengan diikuti oleh peserta yang terdiri dari unsur TNI, Polri, ASN, Mahasiswa, dan para pelajar di Kota Pasuruan. Pada pelaksanaan upacara tersebut, Wali Kota Pasuruan, Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam amanatnya Gus Ipul menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum untuk menjadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan bersama.

BACA JUGA: Peringati Hari Pahlawan, Begini Pesan Penting Wali Kota...

Menurutnya, meneladani sikap dan sifat kepahlawanan di era kemerdekaan dapat dilakukan dengan ikut serta dalam upaya memberantas kebodohan, memerangi kemiskinan dan upaya pecah belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Selain itu Gus Ipul juga menghimbau untuk lawan paham radikal dan mengembangkan gotong royong demi masa depan bangsa yang cerah.

"Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa-masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi pemenang," ucap Gus Ipul.

Menurutnya, dari pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting bagi bangsa Indonesia untuk meresapi semangat dan keikhlasannya.

"Para pejuang kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyerah pada siapapun juga. Para pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan yang sesungguhnya, bukan pemberian dari siapapun, melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa," imbuh Gus Ipul.

Selanjutnya Walikota mengingatkan para peserta upacara tentang bagaimana saat ini bangsa Indonesia masih dihadapkan pada beberapa ancaman nyata seperti pemanasan global, kelangkaan pangan, energi dan air bersih, yang disebutnya harus dipersiapkan dengan sungguh-sungguh.

"Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena para pahlawan kita telah mengajarkan beragam nilai untuk kita tiru. Sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman," imbuhnya.

BACA JUGA: Peringatan Hari Pahlawan 10 November, Sejarahnya Berawal Pertempuran Surabaya

Pasca pelaksanaan upacara, peringatan Hari Pahlawan dilanjutkan dengan ziarah di taman makam pahlawan Kota Pasuruan. Seremoni tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Pasuruan, Ismail Marzuki Hasan.

Seremoni untuk mengenang jasa pahlawan asal Kota Pasuruan yang telah berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia tersebut diawali dengan peletakan karangan bunga oleh ketua DPRD di tugu bambu runcing yang menjadi ikon taman makam pahlawan Kota Pasuruan.

Selanjutnya Walikota Pasuruan bersama dengan jajaran Forkopimda, diikuti pula oleh kepala perangkat daerah dan  peserta upacara yang hadir melakukan tabur bunga di atas pusara makam pahlawan. Seremoni tersebut mengakhiri rangkaian peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 di Kota Pasuruan. (oni/lna)