Peringati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-77, Gus Ipul: Banyak Kontribusi Jatim untuk Indonesia

Gus Ipul menguraikan bahwa di usia ke 77 tahun, Jawa Timur banyak menorehkan prestasi serta berkontribusi nyata bagi kemajuan Indonesia.

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-77 juga diperingati di Kota Pasuruan. Pada Rabu (12/10) pagi, dilaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 77 provinsi yang terletak di ujung timur pulau Jawa Ini.

Bertempat di lapangan BKD Kota Pasuruan, Wali Kota Pasuruan Drs. H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bertindak sebagai inspektur upacara yang diikuti juga oleh Forkopimda Kota Pasuruan, seluruh kepala perangkat daerah, camat, lurah, dan ASN di lingkungan Pemkot Pasuruan.

Momen upacara berlangsung khidmat tatkala prosesi penghormatan kepada pataka lambang daerah Provinsi Jawa Timur dilangsungkan. Hal ini melambangkan kebanggaan, penghargaan, serta penghormatan atas lahirnya Provinsi Jawa Timur 77 tahun yang lalu.

BACA JUGA: Inovasi Layanan, Pemkot Pasuruan Launching LENTERA MAKAM dan PETI KEMAS

Gus Ipul dalam amanatnya menguraikan bahwa di usianya ke 77 tahun, Jawa Timur banyak menorehkan prestasi serta berkontribusi nyata bagi kemajuan Indonesia.

"Jawa Timur saat ini menjadi salah satu provinsi yang paling maju. Banyak kontribusi Jawa Timur bagi Indonesia yang juga menginspirasi provinsi lain" ujar Gus Ipul.

Beberapa deretan prestasi Jawa Timur juga sempat disebut oleh Walikota diantaranya prestasi di bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial budaya, serta prestasi-prestasi di bidang lainnya.

Terkait dengan prestasi yang ditorehkan oleh provinsi Jawa Timur, Gus Ipul juga berpesan agar hal tersebut memacu Kota Pasuruan juga berprestasi di berbagai bidang.

"Contohnya prestasi Jatim dibidang ketenagakerjaan, hal ini harus menjadi inspirasi OPD terkait di Pemerintah Kota Pasuruan untuk menorehkan prestasi serupa. Harus menjadi inspirasi kira-kira prestasi apa yang bisa kita raih"

Gus Ipul juga menjelaskan bagaimana dalam beberapa sektor, capaian Kota Pasuruan mampu melebihi capaian Provinsi Jawa Timur sendiri.

"Ada beberapa sektor yang capaian Pemkot Pasuruan mampu berada di atas rata rata capaian provinsi. Namun di beberapa bidang, ada juga yang masih nggandol . Ini yang harus kita pikirkan bagaimana caranya agar bisa kita tingkatkan. OPD harus bersinergi," ucapnya.

BACA JUGA: Wawali Kota Pasuruan Mas Adi Apresiasi Carnival dan Gading Fashion Days

Untuk bisa tetap memacu kinerja demi berkontribusi bagi Jawa Timur dan Indonesia, Walikota juga berpesan agar bagaimana kebesaran kerajaan Majapahit sebagai representasi Jawa Timur di masa lalu mampu menginspirasi banyak orang. Menurutnya, sudah menjadi kewajiban bagi warga Jawa Timur meneruskan kejayaan tersebut.

"Selain itu banyak tokoh besar yang berasal dari Jawa Timur menginspirasi perjuangan Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Mulai dari tokoh ulama, pejuang, tokoh pendidikan, Jawa Timur banyak melahirkan tokoh tersebut. Semoga nantinya akan lahir tokoh tokoh besar dari Kota Pasuruan," ucap Gus Ipul. (oni/lna)