Peringati Hari Buku Nasional, MPSI Gelar Kegiatan Mengenang Penyair Saut Sitompul

May 20, 2024 - 17:53
Peringati Hari Buku Nasional, MPSI Gelar Kegiatan Mengenang Penyair  Saut Sitompul
Ketua Umum Masyarakat Penggiat Seni Indonesia (MPSI) Mujib Hermani saat memberikan Sambutan Festival Buku Satra dalam rangka peringatan Hari Buku Nasional. Foto : MPSI for Nusadaily.com.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Masyarakat Penggiat Seni Indonesia (MPSI) menggelar kegiatan bertajuk “Mengenang Penyair Saut Sitompul” dijadwalkan kegiatan itu digelar pada pukul 16.00 WIB Senin (20/5/2024) bertempat di Ruang Alternatif, Posko #saveTIM, Taman Ismail Marzuki, Jakarta,

 

Ketua Umum MPSI Mujib Hermani menjelaskan kegiatan merupakan bagian dari Hari Buku Nasional. Serta untuk mengenang penyair Saut Sitompul sekaligus penulis puisi.

 

Menurut Mujib, Saut yang lahir di Pematang Siantar, 10 Februari 1955 dan wafat pada 9 Januari 2004 itu merupakan  salah satu tokoh yang giat menggairahkan kehidupan puisi di Jakarta.

 

"Saut itu merupakan seorang penyair yang unik dan otentik dia sering menjajakan buku puisinya di bus kota,  acara seni dan budaya, serta di berbagai kesempatan. Bahkan Saut dapat menghidupi keluarganya dengan membaca puisi diatas bus kota" cerita Mujib kepada Nusadaily. com. Minggu (19/5/2024).

 

Pria asal Sumbawa Besar ini juga menyebut Saut merupakan Seniman yang dikenal dengan pribadi yang terbuka. Pasalnya, Saut percaya dengan puisi bisa memberikan kehidupan bagi keluarganya.

 

Mujib juga mengatakan, Saut merupakan alumni Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara dan jurusan musik di LPKJ (Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta) sebelum menjadi Institut Kesenian Jakarta (IKJ) tahun 1980-an.Maka tidak heran Saut saat itu terlibat  sebagai aktor dalam film dan sinetron.

 

"Salah satunya adalah tampil sebagai pendeta dalam film Beth karya Aria Kusumadewa. Pernah menjadi penata musik film Kipas Kipas Cari Angin karya sutradara komedi-kritik sosial, Nyak Abbas Akup,"kata Mujib.

 

"Saut Sitompul telah menerbitkan dua kumpulan puisi yang monumental yaitu, Kongres Kodok dan Tulis!," sambungnya.

 

Sementara Ketua Pelaksana program MPSI Helmi Y. Haska menjelaskan jika gelaran ini diniatkan sebagai penghormatan atas dedikasi, totalitas atas capaian seorang penyair puisi Saut Sitompul. Karena kehadirannya ditengah-tengah seniman mampu

membangun atmosfir pergaulan kreatif-produktif lintas bidang di Taman Ismail Marzuki.

 

"Selain menggelar pameran buku puisi karya Saut Sitompul, acara ini juga akan dimeriahkan pembacaan puisi oleh penyair Amien Kamil," ujarnya 

 

Bukan hanya itu, Helmi juga menyebut akan ada .teaterikal puisi “Sepanjang Kaki Lima” dan”Jasad Jeruji Jiwa” yang dimainkan oleh Komunitas Penyair Seksih dan Teater Cakra Indonesia.Serta Puisi “Sepanjang Kaki Lima”.merupakan potret keseharian sang penyair, yang mendedahkan pengalaman jalanan, dunia malam yang memabukan.

 

"Ira Paseban juga akan tampil memberikan testimoni yang merefleksikan kehangatan persahabatan.Serta warisan kreativitas Saut Sitompul, berikut sumbangsihnya pada kemajuan seni budaya. Sebagai penutup, Lingkaran Band akan menggelar musikalisasi puisi karya Saut Sitompul.(sir/wan)