Peringatan Gelombang Dingin Nasional Dikeluarkan, Prakiraan Suhu Turun di 8 Provinsi China

Pada malam hari tanggal 26 November, peta perubahan suhu 24 jam Observatorium Meteorologi Pusat menunjukkan perubahan akibat gelombang udara dingin.

Peringatan Gelombang Dingin Nasional Dikeluarkan, Prakiraan Suhu Turun di 8 Provinsi China
salju (sumber: istockphoto)

NUSADAILY.COM - BEIJING - Pada malam hari tanggal 26 November, peta perubahan suhu 24 jam Observatorium Meteorologi Pusat menunjukkan perubahan akibat gelombang udara dingin.

Tidak hanya pendinginan di Timur Laut dan China Utara, tetapi juga area pendinginan di Xinjiang. Meskipun di Xinjiang tida sebesar di China Utara dan China Timur Laut, kisaran area yang mengalami pendinginan tidak sedikit, di beberapa tempat suhu turun 12 hingga 16 derajat dari kemarin hingga hari ini.

BACA JUGA : Duh! Positif Covid di China Pecahkan Rekor Baru, Tembus...

Melansir Tencent News, pada saat yang sama, dengan munculnya zona pendinginan yang kuat, angin kencang, salju lebat, dan cuaca lainnya juga muncul di banyak tempat di Xinjiang. 

Pada malam tanggal 26 November, terlihat dari peta pemantau angin ekstrim bahwa angin berhembus di banyak tempat di Xinjiang utara, dan kekuatan angin di beberapa daerah mencapai 9 hingga 10 derajat. 

Salah satunya badai salju yang sebanding dengan topan terjadi di Kabupaten Toli di daerah Tacheng, dengan kekuatan angin maksimum 34,1 m/s, yang sudah berkekuatan 12.

Dari citra awan satelit, terlihat bahwa pada sore hari tanggal 26 November, Xinjiang Utara - Kazakhstan dan tempat-tempat lain tertutup awan salju tebal dalam dua hari terakhir, badai salju lebat terus menerus turun di Xinjiang utara.

Kedalaman salju maksimum di Altay adalah 46 cm, memecahkan rekor kedalaman salju pada bulan November, Qinghe mencetak rekor baru untuk kedalaman salju nasional pada paruh kedua tahun ini sebesar 62 sentimeter, Fuyun 41 sentimeter dan Tacheng 32 sentimeter juga mendekati rekor November. 

Prakiraan cuaca

Observatorium Meteorologi Pusat telah mengeluarkan peringatan gelombang dingin hari ini 27 November mengingat kekuatan besar dari gelombang dingin dari biasanya.

Prakiraan Observatorium Meteorologi Pusat menunjukkan bahwa dari malam tanggal 26 hingga 30 November, cuaca gelombang dingin akan mempengaruhi sebagian besar China dari barat ke timur, dimana wilayah barat laut akan terpengaruh mulai malam tanggal 26 hingga 27 November, dan pergerakan ke arah timur akan mempengaruhi wilayah tengah dan timur dari tanggal 28 hingga 30 November.

BACA JUGA : Polisi Ungkap Mobil Plat RFQ Tabrak 9 Motor Ternyata Nggak Asli

Akibatnya terjadi pendinginan yang parah, angin kencang, debu, serta hujan dan salju yang meluas. Suhu di sebagian besar wilayah China utara dan timur tengah akan turun 10-16 derajat berturut-turut.

Akan terjadi penurunan suhu lebih dari 20 derajat di Xinjiang, Gansu, Ningxia, Mongolia Dalam, Jilin, Jiangsu, Hunan, dan Guizhou.(mdr2/lal)