Penyebab Ratusan Ribu Mobil Tak Lolos Pendaftaran MyPertamina

Pertamina hingga kini masih membuka pendaftaran mobil untuk bisa membeli BBM bersubsidi. Tapi ternyata sangat banyak pendaftar yang dianggap tak lolos. Apa sebabnya?

Penyebab Ratusan Ribu Mobil Tak Lolos Pendaftaran MyPertamina
Ilustrasi aplikasi MyPertamina (Liputan6.com/Faizal Fanani)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Pertamina hingga kini masih membuka pendaftaran mobil untuk bisa membeli BBM bersubsidi. Tapi ternyata sangat banyak pendaftar yang dianggap tak lolos. Apa sebabnya?

Hingga awal Oktober, PT Pertamina mencatat sudah ada 2.872.924 kendaraan yang didaftarkan ke MyPertamina untuk bisa membeli BBM subsidi. Namun, dari jumlah tersebut, ada 986.644 kendaraan (34 persen) yang gagal terverifikasi.

BACA JUGA: Harga Sudah Naik Jadi Rp 10.000/Liter, Beli Pertalite Masih Dibatasi?


Diketahui, saat ini hanya kendaraan roda empat atau lebih saja yang bisa didaftarkan ke aplikasi MyPertamina. Sementara 2.872.924 kendaraan yang telah didaftarkan tadi setara 8 persen dari populasi kendaraan di Indonesia.

VP Sales Support PT Pertamina Patra Niaga, Zibali Hisbul menjelaskan, ada beberapa alasan yang membuat nyaris sejuta kendaraan gagal terverifikasi. Misalnya, kata dia, foto STNK dan KTP tidak terbaca atau buram, nomor polisi dan data isian tidak sesuai, serta jumlah roda pada foto kendaraan yang tak bisa dihitung.

BACA JUGA: Bakal Diperluas, Kini 220 Ribu Kendaraan Beli Pertalite Sudah Daftar MyPertamina


"Kemudian antara foto roda kendaraan tidak sinkron dan juga foto nopol kendaraan tidak sesuai," ujar Zibali, dikutip dari detikFinance, Jumat (14/10/2022).

Lebih jauh, Zibali memastikan, saat ini ada 1.875.219 yang verifikasinya telah diterima, sementara 11.065 kendaraan masih dalam progres. Bukan mustahil, ke depannya, makin banyak kendaraan yang didaftarkan ke aplikasi MyPertamina.(eky)