Penyakit yang Dapat Disebabkan Obat Nyamuk Bakar

Obat nyamuk sering digunakan untuk mengusir nyamuk terutama di rumah. Mulai dari yang semprot hingga yang bakar. Obat nyamuk bakar yang biasa berbentuk gulungan spiral mengandung logam berat seperti aluminum, kromium, timah, insektisida, piretrin pestisida, atau zat aromatik (seperti serai) untuk mengusir nyamuk.

Penyakit yang Dapat Disebabkan Obat Nyamuk Bakar
Ilustrasi obat nyamuk bakar. (foto: Istimewa)

NUSADAIY.COM – JAKARTA - Obat nyamuk sering digunakan untuk mengusir nyamuk terutama di rumah. Mulai dari yang semprot hingga yang bakar.

Obat nyamuk bakar yang biasa berbentuk gulungan spiral mengandung logam berat seperti aluminum, kromium, timah, insektisida, piretrin pestisida, atau zat aromatik (seperti serai) untuk mengusir nyamuk.

BACA JUGA : 5 Penyakit yang Dapat Disebabkan Karena Menahan Kencing

 Tapi obat nyamuk bakar ini mengeluarkan polutan yang bisa menyebabkan penyakit. Dikutip dari Healthshots, ada beberapa penyakit yang mengancam Anda jika rutin menggunakan obat nyamuk bakar.

Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Kanker paru-paru

Obat nyamuk bakar mengandung karsinogen yang dapat mempersulit paru-paru yang pada akhirnya meningkatkan risiko kanker paru-paru.

 2. Memicu asma dan PPOK

Bagi Anda penderita asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) perlu berhati-hati. Pasalnya, pembakaran obat nyamuk bakar dapat memicu serangan asma, gangguan pernapasan, bahkan batuk.

 3. Sakit kepala

Zat-zat yang ada dalam gulungan dapat menyebabkan sakit kepala. Ada sebagian besar orang yang akan menderita sakit kepala setelah membakar gelung. Jadi, menggunakan koil mungkin bukan ide yang bagus.

4. Ruam pada kulit dan alergi

Logam-logam pada gulungan obat nyamuk itu mengundang ruam dan alergi. Jadi, waspadalah saat menggunakan koil.

BACA JUGA : 5 Titik Akupuntur yang Bisa Kurangi Gangguan Kecemasan

5. Efek berbahaya bagi anak-anak

Koil mengandung bahan kimia yang tidak aman untuk dihirup, dan dapat menyebabkan atau memperparah gangguan pernapasan akibat polusi udara dalam ruangan.

(roi)