Penumpang Becak Tewas Tertimpa Pohon Tumbang di Probolinggo!

Insiden pohon tumbang terjadi di Jalan Raya Pantura, Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

NUSADAILY.COM – PROBOLINGGO - Insiden pohon tumbang terjadi di Jalan Raya Pantura, Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Akibatnya, seorang penumpang becak tewas. Sedangkan pengemudi becak mengalami luka serius dan harus mendapat perawatan di RSUD dr Mochamad Saleh Kota Probolinggo.

Pantauan di lokasi, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.45 WIB. Tak ada angin, tak ada hujan, pohon yang memiliki tinggi sekitar 15 meter dan diameter 70 cm roboh ke arah selatan. Akibatnya, seorang tukang becak, yang sedang mengangkut penumpang tertimpa pohon tersebut.

BACA JUGA: NasDem Memanggil! DPD NasDem Kota Probolinggo Buka Pendaftaran Caleg 2024


Selain itu, tumbangnya pohon yang diduga berusia puluhan tahun ini juga mengenai sebuah mobil yang terparkir di sisi selatan pohon. Sejumlah bagian mobil pun rusak.

"Pohon tumbang ini terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Sebelum tumbang, tidak ada angin yang berembus dan saat tumbang ada tukang becak serta penumpangnya tertimpa pohon yang tumbang tersebut," ujar saksi mata di lokasi, Muslimah, Sabtu (22/10/2022).

Petugas dari Damkar Pemkot Probolinggo, DLH, hingga Dishub yang mendapat laporan langsung mendatangi TKP. Mereka langsung melakukan pemotongan pohon yang tumbang.

Sedangkan, 2 korban yang tertimpa pohon langsung dievakuasi ke RSUD dr Mochamad Saleh untuk mendapat penanganan.

Mengutip detikJatim, korban diketahui bernama Totok Koesdiantoro (50), warga Kecamatan Kedopok, yang merupakan pengayuh becak. Sedangkan penumpang diketahui bernama Eten (50), warga Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang. Eten meninggal dunia meski sempat mendapat perawatan.

Sementara itu, evakuasi pohon pun cukup memakan waktu. Setelah sekitar 1 jam, petugas baru berhasil memotong pohon tumbang. Sedangkan petugas Polres Probolinggo Kota yang datang, langsung melakukan olah TKP serta memintai keterangan sejumlah saksi di sekitar lokasi kejadian.

BACA JUGA: Sosok dan Perjuangan Reyvano Korban Meninggal ke-134 Tragedi Kanjuruhan


Saat dikonfirmasi, Kapolsek Mayangan Kompol Hermawan mengatakan, dari informasi awal yang diterimanya, kejadian nahas ini mengenai tukang becak yang sedang memuat penumpang. Selain itu, pohon tumbang ini juga mengenai mobil minibus yang parkir.

"Setelah kejadian, 2 korban sudah dievakuasi ke rumah sakit untuk mendapat perawatan, dan saat ini petugas dari unit Reskrim Polres Probolinggo Kota melakukan penyelidikan dan agar lalu lintas tidak macet, petugas Sat Lantas Polres Probolinggo Kota melakukan pengaturan lalu lintas," tukasnya.(eky)