Peningkatan Terbesar! Nilai Tukar RMB Telah Melonjak

Nilai tukar RMB terhadap dolar AS terus menguat. Pada 14 November telah terjadi peningkatan lebih dari 2.000 basis poin. Pada sekitar pukul 16:15, nilau tukar RMB menyentuh 7,0163,mendekati kisaran 6.

Peningkatan Terbesar! Nilai Tukar RMB Telah Melonjak
RMB & Dollar (sumber: istockphoto)

NUSADAILY.COM - BEIJING - Nilai tukar RMB terhadap dolar AS terus menguat. Pada 14 November telah terjadi peningkatan lebih dari 2.000 basis poin. Pada sekitar pukul 16:15, nilau tukar RMB menyentuh 7,0163,mendekati kisaran 6.

Melansir new.qq.com, pada tanggal 14 November, Pusat Perdagangan Valuta Asing China merilis data hari ini yang menunjukkan bahwa tingkat paritas pusat RMB terhadap dolar AS adalah 7,0899, meningkat 1008 basis poin dari hari perdagangan sebelumnya , kenaikan satu hari terbesar sejak 22 Juli 2005. Lalu apa yang menyebabkan nilai tukar RMB naik?

Tekanan devaluasi mereda

BACA JUGA : Pahlawan Cilik! Sopir Kehilangan Kesadaran, Anak 10 Tahun...

Zhou Maohua, seorang peneliti makro di Departemen Pasar Keuangan China Everbright Bank, mengatakan bahwa lonjakan dolar AS baru-baru ini telah gagal dan tetap tinggi dan bergejolak. Pasar tetap waspada terhadap prospek resesi ekonomi AS. 

Dengan latar belakang intervensi yen dan kenaikan suku bunga yang agresif oleh Bank Sentral Eropa, dasar untuk kenaikan tajam lebih lanjut dolar AS telah melemah secara signifikan, yang menciptakan kondisi untuk stabilitas dasar nilai tukar RMB.

Fundamental ekonomi merupakan faktor penting dalammenentukan nilai tukar. Saat ini, perekonomian China diperkirakan akan membaik. Sheng Songcheng, seorang profesor di China Europe International Business School mengatakan bahwa secara keseluruhan, ekonomi China telah stabil dan mulai bangkit.

BACA JUGA : Ketua YLBHI Kecam Aparat Kepolisian Bubarkan Rapat Pengurus di Bali

Ada juga pendapat bahwa dari pengalaman masa lalu, nilai tukar RMB memiliki karakteristik penguatan musiman di akhir tahun. Pada akhir tahun, permintaan penyelesaian valuta asing, seperti pengembalian pembayaran eksportir, mungkin menjadi alasan penting untuk penguatan musiman RMB. 

Saat ini, potensi pengembalian investasi sekuritas lintas batas yang dihasilkan oleh optimalisasi pekerjaan pencegahan dan pengendalian epidemi dapat menjadi kekuatan yang mendukung nilai tukar RMB bersama dengan penyelesaian valuta asing musiman.(mdr2/lal)