Peninggalan Yang Berasal dari Zaman Perunggu Ditemukan di NE China

Lebih dari 100 relik dan 24 rumah, makam, dan sisa-sisa lubang telah digali di sebuah situs yang berasal dari Zaman Perunggu di Provinsi Jilin, Tiongkok timur laut.

Peninggalan Yang Berasal dari Zaman Perunggu Ditemukan di NE China
Peninggalan Yang Berasal dari Zaman Perunggu Ditemukan di NE China

NUSADAILY.COM-CHANGCHUN- Lebih dari 100 relik dan 24 rumah, makam, dan sisa-sisa lubang telah digali di sebuah situs yang berasal dari Zaman Perunggu di Provinsi Jilin, Tiongkok timur laut.

Melansir Xinhua, Dua puluh empat rumah, makam, dan sisa-sisa lubang, dan peninggalan termasuk tembikar, periuk, boneware, clam ware, dan peralatan logam telah ditemukan tahun ini di area yang baru digali seluas 547,5 meter persegi di lokasi tersebut, kata budayawan provinsi Jilin.

BACA JUGA: Arkeolog Jerman Menemukan Bangunan Pemanas di Bawah Lantai...

Di antara peninggalan-peninggalan tersebut, kebanyakan berupa gerabah dengan penampakan yang jelas menandakan sebuah periuk kuno, tripod, cawan, mangkok, dan sebagainya. Hampir 100.000 pecahan tembikar juga ditemukan.

Situs Weizili, yang terletak di Desa Xiaochengzi, Kabupaten Nongan, luasnya sekitar 100.000 meter persegi. Sejak 2019, para arkeolog telah melakukan penggalian dan penelitian di situs tersebut dan menemukan lebih dari 500 peninggalan.

Penemuan baru ini dapat memberikan bahan penting untuk penelitian tentang model ekonomi tahap awal masyarakat manusia dan tata letak pemukiman mereka di wilayah tersebut dari Zaman Perunggu hingga Zaman Besi awal, kata para ahli.

BACA JUGA: Penggalian Arkeologi di Situs Jiangkou Ungkap Peninggalan...

Lebih dari 100 relik dan 24 rumah, makam, dan sisa-sisa lubang telah digali di sebuah situs yang berasal dari Zaman Perunggu di Provinsi Jilin, Tiongkok timur laut.(mdr3)