Penilaian Shin Tae-yong Terhadap Dua Pemain Keturunan Baru di Timnas U-20

Shin Tae-yong memberi penilaian terhadap dua pemain keturunan baru di Timnas Indonesia U-20 yakni Rafael Struick dan Jamai Zico Soree. Apa katanya?

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Shin Tae-yong memberi penilaian terhadap dua pemain keturunan baru di Timnas Indonesia U-20 yakni Rafael Struick dan Jamai Zico Soree. Apa katanya?

Rafael dan Jamai bergabung dalam sela-sela Pemusatan Latihan (TC) Timnas U-20 di Spanyol. Keduanya juga sudah tampil saat Timnas U-20 jumpa Slovakia U-20 di ajang 'Costa Calida Region de Murcia Football Week' di Pinatar Arena, Spanyol, Sabtu (19/11/2022).

BACA JUGA: 5 Pesepak Bola Cikal Bakal Pengganti Era Ronaldo


Pelatih Shin Tae-yong bahkan langsung memainkan kedua pemain itu sebagai starter. Total ada empat pemain keturunan yang tampil pada laga tersebut karena Justin Hubner dan Ivar Jenner juga beraksi.

Timnas U-20 kalah 1-2 setelah sempat unggul 1-0 terlebih dahulu lewat gol yang dicetak Rafael. Shin Tae-yong pun memberikan pendapatnya terkait penampilan dua pemain keturunan baru di timnya. Mereka dinilai punya kemampuan baik, tapi belum bisa menyatu dengan tim

"Memang untuk Justin dan Ivar sudah beradaptasi ya dengan kita. Dan untuk Rafael dan Zico baru datang dua hari lalu (Kamis, 17 November). Jadi belum ikut juga latihan tim yang normal, tapi setelah itu langsung bergabung dalam pertanding bersama kami," kata Shin Tae-yong.

"Memang secara organisasi kurang karena mereka memang belum latihan bersama dengan kami. Tetapi kemampuan individu mereka memang baik," ujarnya menjelaskan.

Adapun Rafael mengaku bangga bisa memperkuat Indonesia. Pemain PEC Zwolle U-21 itu mengucapkan rasa syukurnya atas kesempatan yang diberikan kepadanya.

Gol Rafael yang sempat membawa Timnas U-20 unggul 1-0 bertahan sampai menit ke-80. Tapi Slovakia berhasil berbalik unggul dengan mencetak dua gol pada 10 menit akhir laga lewat penalti Timotej Jambor dan satu gol lagi dicetak oleh Damian Kachut.

BACA JUGA: Mason Mount Terpukau dengan Kemampuan Harry Kane Jelang Piala Dunia 2022


"Sangat bangga bisa bermain untuk Indonesia. Bangga juga bisa mencetak gol. Jadi saya berterima kasih untuk pelatih dan semua orang," tutur Rafael.

"Kami mengawali laga dengan baik, kami mencetak gol lebih dulu. Kami melakukan tekanan dengan bagus dengan energi yang bagus. Babak kedua sangat berat dan kami akhirnya kalah," ucapnya.(eky)