Pengacara Ricky Rizal Bantah Dakwaan Jaksa Terkait Peran Klien Awasi Yosua Sebelum Pembunuhan

Jaksa mengungkap peran Ricky Rizal Wibowo dalam pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Jaksa mengungkap Ricky Rizal Wibowo berperan mengawasi Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat sebelum pembunuhan dilangsungkan. Pengacara Ricky membantah kliennya mengawasi Yosua

"Tidak benar RR awasi Yosua," ujar pengacara Ricky, Erman Umar, saat dihubungi, Senin (17/10/2022).

Selain itu, dalam persidangan, jaksa menyatakan Ricky memiliki kesempatan untuk menyampaikan rencana pembunuhan ke Yosua, namun hal tersebut tidak dilakukan. Menanggapi ini, Erman mengatakan hal tersebut merupakan persepsi jaksa.

BACA JUGA : Pengacara Brigadir J Ancam Bakal Laporkan Kuasa Hukum Ferdy Sambo soal Tudingan Pelecehan Seksual

"Itu menurut saya persepsi JPU. Tidak benar dan tidak sesuai dengan fakta," tuturnya.

Diketahui sebelumnya, jaksa mengungkap peran Ricky Rizal Wibowo dalam pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat. Ricky disebut berperan mengawasi Yosua sebelum pembunuhan dilangsungkan.

"Saksi Ricky Rizal Wibowo yang sudah mengetahui rencana jahat tersebut tidak ikut masuk ke dalam rumah dinas Duren Tiga No 46, tetapi tetap berdiri di garasi rumah untuk mengawasi keberadaan Korban Nopriansyah Yosua Hutabarat yang sedang berdiri di taman halaman rumah dinas tersebut guna memastikan Korban Nopriansyah Yosua Hutabarat tidak ke mana-mana," kata jaksa dalam persidangan dengan terdakwa Ferdy Sambo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Senin (17/10/2022).

Padahal, kata jaksa, Ricky Rizal memiliki kesempatan untuk menyampaikan kepada Yosua tentang rencana pembunuhan tersebut. Namun Ricky Rizal justru memilih tidak memberi tahu Yosua.

BACA JUGA : Bertambah, Brigadir Ricky Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

"Di saat itulah kesempatan terakhir Saksi Ricky Rizal Wibowo sekurang-kurangnya dapat memberitahu Korban Nopriansyah Yosua Hutabarat, namun Saksi Ricky Rizal Wibowo tetap tidak memberi tahu Korban Nopriansyah Yosua Hutabarat supaya pergi dan lari menjauh agar terhindar dari perampasan nyawa sebagaimana dikehendaki oleh Terdakwa Ferdy Sambo," ungkap jaksa.

Ricky Rizal juga masih tidak memberi tahu Yosua mengenai rencana pembunuhan saat Ferdy Sambo tiba. Ricky Rizal justru mendukung rencana itu dengan tetap mengawasi keberadaan Yosua.

"Saksi Ricky Rizal Wibowo justru turut serta mendukung kehendak jahat tersebut dengan tetap mengawasi keberadaan Korban Nopriansyah Yosua Hutabarat yang masih berdiri di taman halaman rumah," kata jaksa.(ros)