Pengacara Lukas Enembe Jamin Klien Bakal Kooperatif Saat Diperiksa KPK di Papua

Stefanus menyebut pemeriksaan akan dilakukan pada pekan ini. Dia mengatakan pemeriksaan dilakukan di rumah Lukas Enembe.

NUSADAILY.COM – PAPUA - Gubernur Papua Lukas Enembe bakal didatangi KPK di Papua untuk pemeriksaan. Pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening, mengatakan kliennya akan koorperatif.

"Keluarga dan Pak Gubernur tetap Kooperatif dalam kaitan menjunjung tinggi hukum yang berlaku di Indonesia dan kita berharap semua proses itu berjalan dengan baik. Karena memang Pak Gubernur sedang kondisi yang kurang sehat," ujar Stefanus Roy Rening kepada wartawan, Senin (24/10/2022) malam.

BACA JUGA : ‘Drama’ Sakit Lukas Enembe Bisa Menjadi Alasan Jokowi Tunjuk PJ Gubernur

Dia mengatakan Lukas Enembe menyambut rencana kedatangan pimpinan KPK dan tim dokter IDI. Menurutnya, kondisi kesehatan Lukas Enembe akan diperiksa lebih dulu oleh tim dokter dari IDI. Setelah itu, pemeriksaan bakal dilanjutkan oleh penyidik KPK.

"Saya kira Pak Gubernur sangat welcome, selamat datang pada Pimpinan KPK dan tim dokter independen. Pastinya pertama dicek kesehatannya dulu kalau beliau sehat bisa dilanjutkan dengan pemeriksaan tapi kita tidak tahu semacam apa nanti situasinya," tuturnya.

Stefanus menyebut pemeriksaan akan dilakukan pada pekan ini. Dia mengatakan pemeriksaan dilakukan di rumah Lukas Enembe.

"Waktunya minggu ini, tapi harinya kita belum tahu. Tadi saya dapat kabar rencana minggu ini, karena minggu lalu Pangdam dan Kapolda sudah turun sudah ketemu Pak Gubernur, sudah melihat situasi rumah, sudah melihat masyarakat, sekaligus memastikan bahwa semua proses berjalan secara aman," ujarnya, dilansir dari detik.com 

BACA JUGA : Paulus Waterpauw Layangkan Somasi ke Pengacara Lukas Enembe

"Rencananya pertemuan itu di rumah Pak Gubernur karena rencananya masyarakat tidak memperbolehkan Pak Gubernur keluar dari rumah," sambungnya.

Dia berharap tim dokter dari Singapura yang melakukan pemeriksaan terhadap Lukas Enembe akan hadir pada pemeriksaan.

"Semoga mungkin juga tim dokter dari Singapura juga akan hadir pada minggu ini," tuturnya.

Lukas Enembe telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Dia juga telah dipanggil KPK, namun absen dengan alasan sakit.(ros)