Penemuan Mayat Bayi di Panji Kidul, Kades Budiono Angkat Bicara

Semua yang berkaitan dengan Puskesmas itu mencari warga yang sedang hamil, dan itu ada datanya. Sejauh ini bukan warga kami yang membuang bayi tersebut

Penemuan Mayat Bayi di Panji Kidul, Kades Budiono Angkat Bicara
Tim INAFIS Polres Situbondo melakukan olah TKP lokasi penemuan mayat bayi perempuan di saluran irigasi persawahan Dusun Karang Malang, Desa Panji Kidul. (Nusadaily.com/Fathur Rozi)

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Warga Dusun Karang Malang, Desa Panji Kidul, Kecamatan Panji, Situbondo, digegerkan dengan penemuan sesosok mayat bayi perempuan, Rabu (19/10/2022).  Jasad bayi tak berdosa tersebut tersangkut sampah di aliran irigasi persawahan setempat.

 

Kepala Desa (Kades) Panji Kidul, Budiono, angkat bicara terkait peristiwa tersebut. "Sejauh ini tidak ada laporan dari warga saya terkait itu," ujarnya kepada Jurnalis Nusadaily.com melalui sambungan telepon seluler, Kamis, 20 Oktober 2022.

 

Lebih lanjut, Budiono menyampaikan begitu mendengar informasi penemuan mayat bayi perempuan tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) Panji Kidul langsung mengumpulkan bidan yang ada di wilayah setempat.

 

"Semua yang berkaitan dengan Puskesmas itu mencari warga yang sedang hamil, dan itu ada datanya. Sejauh ini bukan warga kami yang membuang bayi tersebut," tegasnya.

 

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Situbondo, AKP Dedhi Ardi Putra, mengatakan mayat bayi tersebut ditemukan sekitar pukul 09.00 WIB. "Kondisinya (jasad bayi -red) masih lengkap dengan tali pusarnya," bebernya.

 

Untuk melakukan penyelidikan, pihaknya bakal menerbitkan laporan polisi. Tujuannya untuk mengungkap identitas orang tua dari mayat bayi tersebut

 

"Tim INAFIS sudah melakukan olah TKP. Dugaan sementara bayi itu meninggal sekitar tiga jam yang lalu. Jasad bayi sudah berada di RSUD dr Abdoer Rahem, Situbondo untuk dilakukan visum," tambah Kasat Reskrim.

 

Di sisi lain, saksi mata, Narto, menjelaskan mayat bayi tersebut ditemukan saat dia akan mengairi sawah miliknya. "Itu awalnya tersangkut sampah di saluran irigasi. Saya kira boneka, ternyata mayat bayi perempuan," tuturnya. (fat/wan)