Pemprov DKI Terima 34 Ribu Vial Vaksin COVID-19 Jenis Pfizer

34.125 vial Pfizer dari kemenkes sampai di gudang vaksin Dinkes DKI Jakarta pada 27 oktober jam 20.00 WIB

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menerima 34.125 vial vaksin COVID-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Vaksin COVID-19 yang datang berjenis Pfizer.

"34.125 vial Pfizer dari kemenkes sampai di gudang vaksin Dinkes DKI Jakarta pada 27 oktober jam 20.00 WIB," kata Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ngabila Salama, dalam keterangannya, Jumat (28/10/2022).

Ngabila menuturkan per hari ini pihaknya segera menyalurkan vaksin COVID-19 di 44 puskesmas kecamatan dan PT KAI. Sehingga, layanan penyuntikkan vaksin COVID-19 bisa segera dilakukan pagi hari ini.

BACA JUGA : Bio Farma Siapkan Vaksin IndoVac untuk Anak Usia 12-17 Tahun pada Akhir Tahun

"Kami upayakan jam 9 atau 10 sudah mulai pelayanan kembali di 44 kecamatan," jelasnya.

Dilansir dari detik.com, berikut sentra vaksinasi COVID-19 yang mulai membuka layanan per pukul 08.00 WIB:

1. RSUD Tarakan
2. PKM Johar Baru
3. PKM Pegangsaan kelapa gading
4. RPTRA Harapan Mulia Kemayoran
5. PKM Sawah Besar
6. PKM Jagakarsa
7. PKM Pademangan

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah berkomunikasi dengan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin imbas stok vaksinasi COVID-19 Ibu Kota menipis dan kini baru saja tiba di Indonesia. Heru memastikan bahwa Jakarta menjadi prioritas yang mendapatkan alokasi vaksin.

"Vaksin saya sudah komunikasi langsung dengan Pak Menteri (Budi Gunadi Sadikin) dan katanya baru tiba vaksin di Indonesia dan itu menjadi prioritas," kata Heru Budi di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (27/10).

BACA JUGA : Kemenkes Ungkap Kapan Pemberian Booster Kedua COVID-19 untuk Umum

Karena itu, Heru menginstruksikan jajaran Dinas Kesehatan DKI proaktif berkomunikasi dengan Kemenkes terkait stok vaksin COVID-19.

"Salah satu jajaran Dinkes saya minta untuk segera menjemput bola. Artinya Pak Menkes sudah memberikan prioritas kepada DKI," jelasnya.

Meski begitu, Heru tak memerinci kapan DKI akan menerima distribusi vaksin. Namun, dia memastikan DKI akan mendapat prioritas vaksin COVID-19.

"Kalau informasi yang saya dapat secepat-cepatnya, tetapi prioritas untuk DKI diutamakan," imbuhnya.(ros)