Pemkot Batu Siapkan Anggaran Rp 700 Juta Untuk Perbaikan Jalan Ambrol

Pemkot Batu Siapkan Anggaran Rp 700 Juta Untuk Perbaikan Jalan Ambrol
Jalan akses Kota Batu-Malang yang ambrol (Foto: M Bagus Ibrahim/detikJatim)

NUSADAILY.COM – BATU - Pemkot Batu telah siapkan anggaran Rp 700 juta untuk perbaikan jalan di perbatasan Desa Giripurno Kota Batu dan Desa Tawang Argo Kabupaten Malang yang ambrol. Perbaikan jalan di Jurang Susuh itu dimulai hari ini.

Kepala DPUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat mengatakan bahwa anggaran Rp 700 juta diambil dari dana Belanja Tak Terduga (BTT) itu telah disepakati DPUPR Kota Batu dan tim Banggar. Ia pun menargetkan perbaikan akan rampung sebelum akhir tahun 2022.

BACA JUGA : Batu Flower Art Carnival Sedot Antusiasme Masyarakat Rayakan..

"Insya Allah pengerjaan sudah bisa kita mulai hari ini. Yang jelas kami menargetkan perbaikan ini bisa rampung sebelum akhir tahun," ujar Alfi saat dihubungi wartawan, Kamis (1/12/2022).

Dilansir dari detik.com, perbaikan jalan ambrol tersebut menjadi prioritas karena akses itu menjadi jalur alternatif utama wisatawan dan warga. Apalagi, sudah memasuki akhir tahun. Biasanya, volume kendaraan di jalur ini juga ramai karena menjadi opsi utama mengurai kemacetan.

Seperti diketahui, hujan dengan intensitas tinggi pada Sabtu (26/11/2022) membuat kejenuhan tanah di Jurang Susuh dan ambrol. Akibat peristiwa tersebut sebagian badan jalan tidak bisa diakses.

BACA JUGA : Curug Batu Templek Bandung Dulu Jadi Primadona Namun Kini...

Di lokasi jalan yang ambrol itu dipasang garis pengaman sebagai penanda jika ada lubang bekas longsor. Untuk sementara ini jalur tersebut masih ditutup untuk kendaraan roda empat dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Akses jalan yang melintasi Jurang Susuh ini kerap digunakan sebagai jalur alternatif pengendara dari arah Surabaya menuju Kota Batu. Meski sebenarnya pengendara bisa memilih untuk melalui jalur pendem atau Gunung Wukir.(ros)