Pecah Rekor! Hyperion Pohon Tertinggi di Dunia, Setara Gedung 35 Lantai

Pohon ini tak sekedar tanaman, namanya hyperion. Saking istimewanya, siapapun yang mendekat terancam denda Rp 77 juta.

Pecah Rekor! Hyperion Pohon Tertinggi di Dunia, Setara Gedung 35 Lantai
Taman Nasional Redwood (Getty Images/iStockphoto/photosbysixfive)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Pohon ini tak sekedar tanaman, namanya hyperion. Saking istimewanya, siapapun yang mendekat terancam denda Rp 77 juta.

Hyperion yang satu ini spesial karena menjadi pohon tertinggi di dunia. Rekor itu sudah tercatat di Guinness Book of World Records.

BACA JUGA: Ini Dia 10 Pesepak Bola dengan Gaji Tertinggi di Dunia!

Mengutip detikTravel, Hyperion masuk dalam jenis redwood pantai (Sequoia sempervirens). Pohon ini baru ditemukan pada tahun 2006 oleh seorang naturalis, Chris Atkins dan Michael Taylor, di Taman Nasional Redwood California, Amerika Serikat.

Pohon ini memiliki tinggi 116,07 meter atau sekitar gedung 35 lantai. Pengukuran terakhir diambil pada tahun 2019.

Usia pohon ini diprediksi sekitar 600-800 tahun. Menurut peneliti, jenis pohon ini bukan hanya yang tertinggi tapi juga golongan makhluk hidup terlama di bumi, karena bisa hidup sampai 2.000 tahun.

Karena statusnya, pohon ini jadi buruan oleh wisatawan. Padahal, taman nasional sudah dengan sengaja menyembunyikan akses menuju pohon ini.

"Hyperion terletak di luar jalur dengan vegetasi yang lebat. Untuk bisa mencapainya pejalan kaki harus melakukan trekking di tanah yang tidak ditanami," tulis pihak taman nasional dikutip dari Express UK.

Kawasan di sekitar Hyperion memang berkabut, sangat tertutup dan tidak ada sinyal GPS. Ini membuat pejalan kaki kesulitan jika tersesat.

Rupanya, justru karena untuk mencapainya dibutuhkan perjalanan yang sulit, hyperion makin populer di kalangan blogger, penulis perjalanan, dan situs web trail tress. Meningkatnya aktivitas manusia di sekitar pohon akan mengakibatkan kehancuran habitat hyperion.

"Jika dibuka untuk umum maka akan banyak sampah. Orang-orang akan pipis sembarangan. Mereka meninggalkan kertas toilet dan kotoran manusia. Itu bukan hal yang baik," kata Leonel Arguello, kepala Sumber Daya Alam.

BACA JUGA: Duh! Hujan Deras Terjang Bogor, Rumah Eks Walkot Tertimpa Pohon Tumbang


Saat ini, pihak taman nasional menjaga hyperion dengan ketat. Pengunjung yang mencoba mendekat ke Hyperion akan di denda USD 5.000 atau sekitar Rp 77 juta.

Tak cuma itu, setelah di denda ada hukuman tambahan yaitu hukuman enam bulan penjara. Para penjaga sudah siap siaga di sana, kalau ketahuan siap-siap kantong boncos!(eky)