Pecah Rekor! China Berhasil Deteksi Semburan Sinar Gamma Tercerah

Pada 9 Oktober, observatorium sinar kosmik China, penjelajah ledakan energy tinggi, dan satelit Huiyan secara bersamaan mendeteksi ledakan sinar gamma paling terang sejauh ini.

NUSADAILY.COM-BEIJING- Pada 9 Oktober, observatorium sinar kosmik China, penjelajah ledakan energy tinggi, dan satelit Huiyan secara bersamaan mendeteksi ledakan sinar gamma paling terang sejauh ini.

Baca Juga: Lansia di Belgia Hilang Secara Misterius, Berhasil Ditemukan...

Melansir Harian Beijing, ini merupakan pertama kalinya China melakukan pengamatan bersama multi-metode dari ledakan sinar gamma, yang telah meningkatkan rekor energy foton tertinggi dari ledakan sinar gamma hampir 20 kali. Serta memecahkan rekor dengan banyak catatan pengamatan sinar gamma.

Ledakan intensitas tinggi yang terdeteksi kali ini berasal dari ledakan sinar gamma bernomor GRB 221009A, yang terjadi lebih dari 2.000 triliun tahun cahaya dari bumi.

Observatorium sinar kosmik telah mendeteksi sejumlah besar foton berenergi tinggi, dan energy foton tertinggi telah mencapai 18 triliun electron volt.

Untuk pertama kalinya di dunia, jendela pengamatan sinar gamma meledak di 10 triliun pita elektron volt telah dibuka.

Baca Juga: Arab Saudi Umumkan Perempuan Diizinkan Haji dan Umrah Tanpa Mahram

Saat ini, hasil deteksi telah menyebabkan dampak yang besar, dan sejumlah besar penelitian terkait telah dilakukan dengan cepat, dan banyak diskusi tentang kemungkinan fisik baru telah muncul. (mdr2/lna)